Pengembangan Media Trainer Variable Speed Drive Instalasi Motor Listrik 3 Fasa untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Sidoarjo
Development of Variable Speed Drive Media Trainer for 3 Phase Electric Motor Installation to Increase the Competency of Students of SMK Negeri 1 Sidoarjo
ABSTRAK
Ainur Rois, 2020. Pengembangan Media Trainer Variable Speed Drive Instalasi Motor Listrik 3 Fasa untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Sidoarjo. Tesis Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Munoto, M.Pd., dan (2) Dr. Meini Sondang, M.Pd.
Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Trainer Variable Speed Drive Instalasi Motor Listrik 3 Fasa untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R & D) yang berorientasi pada hasil produk dan keefektifan produk tersebut dengan rancangan penelitian pretest-posttes control grup design. Media yang dikembangkan divalidasi oleh pakar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi trainer dan kepraktisan trainer dan tes hasil belajar peserta didik. Analisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan hasil belajar peserta didik yang mencakup ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor.
Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Pengembangan media perangkat pembelajaran dapat didiskripsikan bahwa: 1) validitas perangkat pembelajaran; 2) aktifitas siswa; 3) respon siswa; 4) ketuntasan belajar siswa; 5) keterlaksanaan.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa (1) tingkat kevalidan trainer yang dikembangkan adalah valid sebesar 82% (2) tingkat kepraktisan trainer yang dikembangkan adalah praktis sebesar 83%; dan (3) Skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen ranah kognitif 83.5, afektif 81,34 dan psikomotor 80,77: (4) skor rata-rata hasil belajar kelas kontrol ranah kognitif 79, afektif 78,69 dan psikomotor 79,64. Hasil berdasarkan hipotesis uji T-tes independent dengan tingkat kesalahan 5% dan df 64, pada hasil belajar ranah kognitif diperoleh t-hitung (5,510) > t-tabel 5% (1,669) maka signifikan, hasil belajar ranah afektif diperoleh t-hitung (1,783) > t-tabel 5% (1,669) maka signifikan, dan hasil belajar ranah psikomotor diperoleh t-hitung (7,079) > t-tabel 5% (1,669) maka signifikan. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima.
Penelitian ini menyarankan: (1) penggunaan trainer telah meningkatkan hasil belajar kompetensi Instalasi Motor Listrik 3 Fasa, maka Guru SMK kejuruan khususnya jurusan teknik Instalasi Tenaga Listrik lebih baik menggunakan trainer tersebut dalam pembelajaran, supaya mendapatkan hasil belajar yang lebih dari KKM; (2) kepada para guru Praktek dapat mengembangkan penggunaan trainer untuk kompetensi Instalasi Motor Listrik dengan variable speed drive lainnya seperti sistem control dengan Human Machine interfis, dan sistem Programmable logic controller; dan (3) kepada peneliti lain dapat melakukan penelitian lanjutan tentang pembelajaran menggunakan Trainer Variable Speed Drive Instalasi Motor Listrik 3 Fasa dengan waktu pembelajaran yang lebih banyak.
Kata-kata Kunci: Media Trainer, Variable Speed Drive, Peningkatan Kompetensi Siswa
ABSTRACT
Ainur Rois, 2020. Development of Variable Speed Drive Media Trainer for 3 Phase Electric Motor Installation to Increase the Competency of Students of SMK Negeri 1 Sidoarjo. Thesis of Technology and Vocational Education Study Program. Surabaya State University Post Graduate Program. Supervisor: (1) Prof. Dr. H. Munoto, M.Pd., and (2) Dr. Meini Sondang, M.Pd.
Keywords: Media Trainer, Variable Speed Drive, Increased Student Competence
The aim of this research is to develop learning media for Variable Speed Drive Trainer for 3 Phase Electric Motor Installation to Increase the Competency of Students of SMK Negeri 1 Sidoarjo. This research method uses a research and development (R&D) model that is oriented towards product results and the effectiveness of these products with a pretest-posttest control group design research design. The developed media is validated by experts. The research instrument used was the trainer validation questionnaire and the practicality of the trainer and student learning outcomes test. Data analysis was carried out to determine the level of validity, practicality and learning outcomes of students which included the cognitive, affective, and psychomotor domains.
Data collection techniques used in this study are validation, observation, and tests. Data analysis uses quantitative descriptive analysis. Development of instructional media devices can be described that: 1) the validity of learning devices; 2) student activities; 3) student responses; 4) completeness of student learning; 5) implementation.
The results of the study, showed that (1) the validity level of the trainers developed was valid at 82% (2) the practicality level of the trainers developed was practical at 83%; and (3) the average score of cognitive domain experimental learning outcomes 83.5, affective 81.34 and psychomotor 80.77: (4) the average score of cognitive learning control class 79, affective 78.69 and psychomotor 79.64 . The results are based on the hypothesis of the independent T-test with an error rate of 5% and df 64, the cognitive domain learning outcomes obtained t-count (5,510)> t-table 5% (1,669), it is significant, the affective domain learning outcomes obtained t-count ( 1,783)> t-table 5% (1,669) is significant, and psychomotor domain learning outcomes are obtained t-count (7,079)> t-table 5% (1,669) then it is significant. So it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted.
This research suggests: (1) the use of trainers has improved the learning outcomes of 3 Phase Electric Motor Installation competencies, so vocational Vocational Teachers especially those majoring in Electrical Power installation techniques are better off using the trainer in learning, in order to get more learning outcomes from KKM; (2) Practical teachers can develop the use of trainers for Electric Motor Installation competencies with other variable speed drives such as control systems with Human Machine interfaces, and Programmable logic controller systems; and (3) other researchers can conduct further research on learning using the 3 Phase Electric Motorbike Variable Speed Drive Trainer with more learning time.