Implementasi Comic Strip Conversation untuk Meningkatkan Keterampilan Percakapan Peserta Didik ASD di SLB Harmoni Gedangan
Implementation of Comic Strip Conversation to Improve the Conversation Skills of ASD Student at SLB Harmoni Gedangan
ABSTRAK
IMPLEMENTASI COMIC STRIP CONVERSATION
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN
PERCAKAPAN PESERTA DIDIK ASD DI SLB HARMONI GEDANGAN
Nama : Adinda Larasati Asmara Purbandini
NIM : 19010044001
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : dr. Febrita Ardianingsih, M.Si
Keterampilan percakapan penting untuk memberikan
informasi yang sesuai dan dapat mempengaruhi penerima
pesan. Dalam hal ini peserta didik ASD memiliki kesulitan
dalam melakukan keterampilan percakapan dengan baik.
Sehingga dapat diberikan media yang tepat yaitu Comic
Strip Conversation untuk meningkatkan keterampilan
percakapan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Eksperimental dengan jenis penelitian Single Subject
Research (SSR). Melalui desain A-B. Dengan subjek
penelitian merupakan satu peserta didik ASD. Teknik
analisis data dengan menggunakan teknik analisis data
visual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat suatu peningkatan terhadap kemampuan
keterampilan percakapan peserta didik ASD melalui Comic
Strip Conversation. Ditunjukkan dengan perubahan arah
dan efek data yang positif (+) dan tidak ada overlapping
data. Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa Comic Strip Conversation dapat meningkatkan keterampilan percakapan peserta didik ASD.
Kata Kunci : Comic Strip Conversation, Keterampilan Percakapan, dan Peserta Didik ASD
ABSTRACT
IMPLEMENTATION OF COMIC STRIP CONVERSATION TO IMPROVE CONVERSATION SKILLS OF ASD STUDENT AT SLB HARMONI GEDANGAN
Name : Adinda Larasati Asmara Purbandini
Study Program : S-1
Department : Special Education
Faculty : Faculty of Education
Institution Name : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : dr. Febrita Ardianingsih,M.Si.
Speaking skills are important to provide appropriate information and can indluence the resipient's massage. In this case ASD students have difficulty in performing speaking skill well. So that appropriate media can be given, namely Comic Strip Conversation to improve speaking skills. This study used the Experimental Research method with the rype of Single Subject Research (SSR). Through A-B design. The research subject is one of the ASD student. Data analysis techniques using visual data analysis techniques. The results of this study indicate that there is an increase in the speaking skills of ASD student through Comic Strip Conversation. Shown by a change in direction and a positive (+) data effect and no overlapping data. With this can be interpreted that Comic Strip Conversation can improve the speaking skills of ASD student.
Keywords: Comic Strip Conversation, Conversation Skills, and ASD Student.