ABSTRAK
Sari, 2018. Pengembangan Panduan Perencanaan Stratejik (Renstra) Pendidikan Inklusif Pada Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Program studi Pendidikan Luar Biasa,Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Mudjito, Ak., M.Si, dan (2) Prof. Dr. H. Muhari, M.Pd.
Kata Kunci : Perencanaan Stratejik. Pendidikan Inklusif. Sekolah Menengah Pertama
Pendidikan dilaksanakan dalam rangka memenuhi hak dan kebutuhan manusia untuk memperoleh kualitas hidup lebih baik. Hal ini sejalan dengan prinsip bahwa semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan tidak terkecuali untuk anak berkebutuhan khusus. Fenomena dilapangan menunjukan bahwa anak berkebutuhan khusus tertinggal dalam hak pendidikan untuk itu perlu strategi khusus untuk melayani mereka. Melihat hal tersebut dibutuhkan suatu Perencanaan Statejik (RENSTRA) Pendidikan Inklusif. Namun, hal tersebut belum banyak dilakukan di Sekolah termasuk di SMPN 44 Surabaya.
Beranjak fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memudahkan Sekolah Inklusif dalam penyusunan RENSTRA. Pengembangan pandun RENSTRA menggunkan model Borg and Gall (2007) dengan 10 tahap penelitian. Teknik pengumpulan data dan analisis yang dilakukan menghasilkan kelayakan produk panduan Rencana Stratejik (RENSTRA) Pendidikan Inklusif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan panduan perencanaan stratejik (RENSTRA) pendidikan inklusif memudahkan Kepala Sekolah, GPK dan Guru matapelajaran dalam penyusunan Rencana Stratejik (RENSTRA) pendidikan inklusif. Hal tersebut terlihat dari hasil kepraktisan dan keefektifan produk yang hasilnya menunjukan angka lebih dari 2 dengan nilai maksimum 4. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan dalam BAB III, maka panduan perencanaan stratejik (RENSTRA) pendidikan inklusif praktis digunakan Kepala sekolah, GPK dan guru mata pelajaran dan efektif untuk mendapatkan keunggulan dalam suatu organisasi. Hal ini juga diperkuat dari uji coba yang menghasilkan dokumen RENSTRA Sekolah.
ABSTRACT
Sari, 2018. Development of Strategic Planning Guidance (RENSTRA) of Inclusive Education at Junior High School. Thesis. Study Program of Special Education, Postgraduate. State University of Surabaya. Counselor : (1) Dr. Mudjito, Ak., M.Si, and (2) Prof. Dr. H. Muhari, M.Pd.
Keywords: Strategic Planning. Inclusive Education. Junior high school
Education is implemented in order to fulfill the rights and needs of people to obtain a better quality of life. This is same with the principle that all peoples to education are no exception for children with special needs. The field phenomenon shows that children with special needs are left behind in the right to education for that need a special strategy to serve them. Seeing this requires a Strategic Planning (RENSTRA) of Inclusive Education. However, this has not been done in many schools including in SMPN 44 Surabaya.
Moving on the phenomenon, this study aims to facilitate Inclusive School in the preparation of RENSTRA. Development of RENSTRA guidance using Borg and Gall (2007) model with 10 research stages. The data collection and analysis techniques have resulted in the feasibility of the Strategic Plan (RENSTRA) product of Inclusive Education.
The results show that using the strategic planning guidance (RENSTRA) inclusive education facilitates the Principal, GPK and Teachers in the preparation of the Inclusive Education Plan (RENSTRA) of inclusive education. This is evident from the results of practicality and effectiveness of products whose results indicate the number of more than 2 with a maximum value of 4. Based on the criteria set out in Chapter III, the inclusive education planning guidance (RENSTRA) is practically used Principals, GPK and subject teachers and effective to gain excellence in an organization. It is also reinforced from trials that produce RENSTRA School documents.