PERMAINAN BINGO UNTUK MENGGALI BAKAT MINAT SANTRI KELAS IX DI MTS NURUL ISLAM PUNGGING-MOJOKERTO
BINGO GAME MEDIA TO EXPLORE THE APTITUDES AND INTERESTS OF THE THIRD-GRADE STUDENTS AT MTS NURUL ISLAM PUNGGING-MOJOKERTO
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa media permainan bingo sebagai upaya menggali bakat dan minat siswa kelas IX MTs Nurul Islam Pungging-Mojokerto yang memenuhi kriteria akseptabilitas. Penelitian ini menggunakan metode penilitian dan pengembangan milik Borg and Gall (2008) yang hanya dilakukan sampai tahap kelima karena keterbatasan biaya, tenaga, dan waktu. Kelima tahapan tersebut adalah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba awal, dan merevisi hasil uji coba awal (revisi Produk utama). Hasil yang diperoleh dari uji kelayakan, sebagai berikut: 1) Penilaian dari uji ahli media yaitu 98,04%, yang termasuk dalam kategori sangat baik, tidak perlu direvisi. 2) Penilaian dari uji ahli materi yaitu 82,35%, yang termasuk dalam kategori baik, tidak perlu direvisi. 3) Penilaian dari calon pengguna yaitu 78,33%, yang termasuk dalam kategori baik dan tidak perlu direvisi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk permainan bingo untuk menggali bakat dan minat menunjukkan telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang terdiri dari kelayakan, ketepatan, kegunaan, dan kesesuaian.
Kata Kunci: bakat, minat, media permainan bingo.
The study aims to develop a product in the form of bingo game media to explore the aptitudes and interests of the third-grade students at MTs Nurul Islam Pungging-Mojokerto who met the acceptability criteria. This study uses Borg and Gall's (2008) research and development (R&D) method, which is only carried out until the fifth stage due to limited costs, power, and time. The five stages are research and data collection, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, and main product revision. The results obtained from the feasibility test are as follows: 1) The assessment of the media expert test is 98.04%, which is included in the very good category and does not need to be revised. 2) The assessment of the material expert test is 82.35%, which is included in the good category and does not need to be revised. 3) The assessment from prospective users is 78.33%, which is included in the good category and does not need to be revised. Based on these data, it can be concluded that the bingo game product to explore talents and interests shows that it has met the acceptability criteria consisting of feasibility, accuracy, usability, and suitability.
Keywords: aptitude, interest, bingo game media.