HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TINGKAT SCHOOL REFUSAL SISWA KELAS XI SMAN 1 MANTUP
THE RELATIONSHIP BETWEEN ANXIETY LEARNING MOTIVATION AND STUDENTS SCHOOL REFUSAL LEVEL CLASS XI SMAN 1 MANTUP
Sekolah ialah sarana atau tempat belajar bagi peserta didik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dididik agar mewujudkan tujuan dari pendidikan penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi terkait hubungan antara kecemasan motivasi belajar dengan tingkat school refusal peserta didik kelas xi sman satu mantup dengan cara bagaimana individu berperilaku dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor antara lain kecemasan motivasi belajar school refusal penelitian ini memakai metode kuantitatif yang memiliki sampel penelitian sejumlah 184 siswa kelas xi sman 1 mantup analisis data yang dipakai ialah korelasi kendalls tau b untuk melakukan pengujian terhadap hubungan dua variabel korelasi kendall w test untuk melakukan pengujian terhadap hubungan tiga variabel hasil dari analisis data korelasi kendalls tau b antara kecemasan school refusal memperlihatkan taraf signifikansi 0161 konformitas dengan school refusal memperlihatkan taraf signifikansi 0019 hasil analisis data korelasi kendalls tau b antara kecemasan motivasi belajar memperlihatkan taraf signifikansi 0017 hasil analisis korelasi kendall w test secara bersama antara tiga variabel memperlihatkan signifikansi niali 0000 yang memperlihatkan bahwasannya kecemasan motivasi belajar secara bersama berhubungan secara signifikan dengan school refusal sumbangan variabel motivasi belajar terhadap kecemasan bisa dilihat dari koefisien determinasi yang dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel motivasi belajar
kata kunci kecemasan motivasi belajar school refusal
School is a means or place of learning for students to get knowledge and be taught for realize purpose of education this study aims to know the relationship between anxiety motivation to the level of school refusal grade students xi sman 1 mantup in a way how individuals behave can be influenced by a number of factors incluiding anxiety learning motivation and school refusal this study using quantitative methods with sample consist of 184 learnes class xi sman 1 mantup the data analysis used was kendalls tau b correlation to test the relationship between two variables and kendall w test correlation to test the relationship of the three variables the result of the analysis of the kendalls tau b correlation data between anxiety and school refusal showed a significance level of 0161 conformity with school refusal showed a significance level of 0019 the result of the analysis of the kendalls tau b correlation data between anxiety learning motivation showed a significance level of 0017 the result of the kendall w test correlation anlysis jointly between the three variables show a significance value of 0000 which indicates that anxiety and learning motivation together have a significant relationship with school refusal the contribution of the learning motivation variable to anxiety can be seen from the coefficient of determination which is influenced by other factors outside the learning motivation variable
keywords anxiety learning motivation school refusal