Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Media Puzzle bagi Anak Cerebral Palsy
Improving Fine Motor Skills Using Puzzle Media for Children with Cerebral Palsy
Cerebral palsy (CP) merupakan hambatan yang mempengaruhi seseorang dalam kemampuan motorik, menjaga keseimbangan dan postur tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus menggunakan media Puzzle bagi anak cerebral palsy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah satu anak dengan hambatan Cerebral palsy tipe spastik quadriplegia. Hasil penelitian menunjukkan stabilitas data yang konsisten pada fase baseline 1 (A1) dan baseline 2 (A2) dengan persentase 100%, serta stabilitas yang baik pada fase intervensi (B) sebesar 87,5%. Dengan demikian penggunaan media Puzzle sebagai intervensi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak dengan cerebral palsy.
Kata kunci: Motorik Halus, Puzzle, Cerebral Palsy
Cerebral palsy (CP) is an obstacle that affects a person in motor skills, maintaining balance and posture. This study aims to improve fine motor skills using Puzzle media for cerebral palsy children. The method used in this research is a type of experimental research using a single subject or Single Subject Research (SSR) with an A-B-A design. The subject used in this study was one child with Cerebral palsy type spastic quadriplegia. The results showed consistent data stability in the baseline 1 (A1) and baseline 2 (A2) phases with a percentage of 100%, as well as good stability in the intervention phase (B) of 87.5%. Thus the use of Puzzle media as an intervention can improve fine motor skills in children with cerebral palsy.
Keywords: Fine Motor, Puzzle, Cerebral Palsy