PENGEMBANGAN MEDIA “UTAMA” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH KELAS III SD
THE DEVELOPMENT OF “UTAMA” MEDIA IN MATHEMATICS LEARNING ON MIXED NUMBER CALCULATION OPERATIONS MATERIAL FOR GRADE III ELEMENTARY SCHOOL
Pada zaman modern seperti sekarang, dibutuhkan inovasi baru dalam dunia pendidikan agar pembelajaran menjadi lebih hidup dan berdampak bagi peserta didik. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang baik akan menunjang proses belajar mengajar dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Karakteristik peserta didik pada jenjang sekolah dasar menjadi salah satu pertimbangan dalam mengembangkan media pembelajaran, pada usia tersebut peserta didik cenderung menyukai kegiatan bermain dan berkelompok. Mewujudkan kegiatan belajar sambil bermain dalam kelas dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin berupaya menyediakan media yang dapat digunakan untuk belajar sambil bermain melalui penelitian: “Pengembangan Media “UTAMA” dalam Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Kelas III SD”.
Proses pengembangan media “UTAMA” (Ular Tangga Manusia) memanfaatkan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation), dengan 4 tahapan yang dilengkapi dengan evaluasi pada setiap akhir tahapannya. Informasi kelayakan media “UTAMA” dilihat dari 3 aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Tingkat kevalidan materi dan media pada proses pengembangan media “UTAMA” dinilai menggunakan lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Tingkat kepraktisan didapatkan dari data pada tahapan implementasi yaitu lembar angket dan lembar observasi. Sedangkan tingkat keefektifan diambil dari data hasil pre test & post test peserta didik saat sebelum dan sesudah penggunaan media. Kemudian diolah dalam bentuk data kuantitatif berupa angka dan data kualitatif berupa deskripsi media dan respon dari pengguna media.
Hasil dari penelitian tersebut, dapat diuraikan sebagai berikut: Tingkat kevalidan media “UTAMA” didapatkan dari hasil validasi kepada ahli materi dan ahli media. Kevalidan dari ahli materi sebesar 89,58% (valid tanpa revisi) dan dari ahli media sebesar 92,85% (valid tanpa revisi). Tingkat kepraktisan media “UTAMA” didapatkan dari hasil lembar angket respons peserta didik dan lembar observasi pengguna media. Hasil lembar angket respons peserta didik mendapat persentase sebesar 85,62% (sangat praktis) dan lembar observasi pengguna mendapat persentase 100% (sangat baik). Kemudian tingkat keefektifan media “UTAMA” sebesar 0,63 (sedang) yang dihitung menggunakan uji N – Gain dan menunjukkan adanya peningkatan nilai dalam kategori sedang. Sehingga media “UTAMA” dapat dinyatakan layak untuk digunakan pada pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Permainan, Media “UTAMA”, Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah.
In modern times like now, new innovations are needed in the world of education so that learning becomes more lively and impactful for students. One of the innovations that can be done is to develop learning media. Good learning media will support the teaching and learning process and make it easier for students to understand the material. The characteristics of students at the elementary school level are one of the considerations in developing learning media, at that age students tend to like play and group activities. Realizing learning activities while playing in the classroom can increase the enthusiasm of students in learning. Therefore, researcher want to try to provide media that can be used to learn while playing through research: "Development of "UTAMA” Media in Learning Mathematics Operation Material for Calculating Mixed Numbers in Class III Elementary School".
The process of developing "UTAMA" media (Human Snakes and Ladders) utilizes the ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation) development model, with 4 stages equipped with evaluation at the end of each stage. Information on the feasibility of "UTAMA" media is seen from 3 aspects are validity, practicality, and effectiveness. The level of validity of material and media in the "UTAMA" media development process is assessed using validation sheets by material experts and media experts. The level of practicality is obtained from data at the implementation stage, namely questionnaire sheets and observation sheets. While the level of effectiveness is taken from data on pre-test & post-test results of students before and after the use of media. Then processed in the form of quantitative data in the form of numbers and qualitative data in the form of media descriptions and responses from media users.
The results of the study, can be described as follows: The level of validity of the "UTAMA" media is obtained from the validation results to material experts and media experts. The validity of material experts is 89.58% (valid without revision) and from media experts is 92.85% (valid without revision). The level of practicality of "UTAMA" media is obtained from the results of student response questionnaires and media user observation sheets. The results of the student response questionnaire sheet got a percentage of 85.62% (very practical) and the user observation sheet got a percentage of 100% (very good). Then the effectiveness level of "UTAMA" media is 0.63 (medium) which is calculated using the N – Gain test and shows an increase in value in the medium category. So that the "UTAMA" media can be declared suitable for use in learning.
Keywords: Media Development, Games, “UTAMA” Media, Mixed Count Operations of Numeric Numbers.