MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK AUTIS MELALUI TEKNIK SHAPING
BUILDING AUTISTIC STUDENTS' SELF-CONFIDENCE THROUGH SHAPING TECHNIQUES
Percaya diri erat kaitannya dengan keyakinan dan kepercayaan individu terhadap kemampuan dan nilai dirinya sendiri. Manfaat percaya diri meningkatkan kemampuan peserta diidk untuk menghadapi tantangan, membuat keputusan, dan meraih kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknik shaping dalam membangun rasa percaya diri pada peserta didik autis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian single-subject dengan model A-B. Lokasi penelitian dilakukan di SLB Harmoni Gedangan. Subjek penelitian adalah seorang peserta didik autis yang berada di kelas V . Teknik pengumpulan data meliputi observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan skala penilaian rasa percaya diri. Data dianalisis menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rasa percaya diri peserta didik autis setelah penerapan teknik shaping. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis visual dalam kondisi yang menunjukkan kecenderungan stabilitas hasil data stabil dengan persentase 87,5%, garis pada estimasi kecenderungan arah serta estimasi jejak data mempunyai arti yang sama yaitu arah trendnya meningkat, level stabilitas serta rentang menunjukkan data yang variabel dengan rentang 65-80, dan level perubahan menunjukkan tanda (+) yang berarti rasa percaya diri meningkat. Pada analisis antar kondisi perubahan kecenderungan arah meningkat, perubahan kecenderungan stabilitas juga menunjukkan data stabil ke stabil. Perubahan level menunjukkan data (+) yang berarti meningkat dan persentase overlap data menunjukkan 0% yang berarti bahwa program intervensi berpengaruh terhadap rasa percaya diri. Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik shaping memberikan peningkatan dalam membangun rasa percaya diri yang signifikan pada peserta didik autis. Implikasi dari penelitian ini manfaat penerapan teknik shaping menunjukkan peningkatan signifikan dalam rasa percaya diri peserta didik autis, yang bermanfaat dalam menghadapi tantangan, membuat keputusan, dan meraih kesuksesan di berbagai aspek kehidupan.
Kata kunci: autis, rasa percaya diri, shaping.
Self-confidence is closely related to an individual's confidence and trust in his or her own abilities and worth. The benefits of self-confidence increase students' ability to face challenges, make decisions, and achieve success in various aspects of life. This research aims to analyze the effect of shaping techniques in building self-confidence in autistic students. This research uses a single-subject research design with the A-B model. The location of the research was SLB Harmoni Gedangan. The research subject was an autistic student who was in class V. Data collection techniques include observation. The research instruments used were observation sheets and a self-confidence assessment scale. Data were analyzed using visual analysis within conditions and between conditions. The results of the study showed a significant increase in the self-confidence of autistic students after applying the shaping technique. This is based on the results of visual analysis in conditions which show a tendency for stability of the data results to be stable with a percentage of 87.5%, the lines in the estimated trend direction and estimated data traces have the same meaning, namely the direction of the trend is increasing, the stability level and range show variable data with range 65-80, and the level of change shows a (+) sign which means self-confidence increases. In the analysis between conditions, changes in the direction of change tend to increase, changes in the stability trend also show that the data is stable to stable. The change in level shows the data (+) which means it has increased and the percentage of data overlap shows 0% which means that the intervention program has an effect on self-confidence. These findings indicate that shaping techniques provide significant improvements in building self-confidence in autistic students. The implications of this research are that the benefits of applying shaping techniques show a significant increase in the self-confidence of autistic students, which is useful in facing challenges, making decisions, and achieving success in various aspects of life.
Keywords: autism, self-confidence, shaping..