ABSTRAK
Motivasi adalah sebuah daya yang menggerakkan, memelihara dan mengarahkan tindakan menuju suatu tujuan. Pemahaman konsep adalah kompetensi yang ditunjukan siswa dalam memahami konsep yang dapat dilihat dengan peningkatan hasil belajarnya. Motivasi dan pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan menggunakan media flashcard berbasis pictorial riddle. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media flashcard berbasis pictorial riddle untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa kelas X SMA/MA yang layak (valid, praktis, dan efektif). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media dengan menggunakan model 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Pengembangan media diujicobakan terbatas pada 20 siswa kelas X MAN Sidoarjo tanggal 10 Januari 2019. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, pengamatan keterlaksanaan, tes, dan angket motivasi. Adapun analisis data menggunakan analisis hasil validasi, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan motivasi siswa. Hasil belajar siswa menunjukkan pemahaman konsepnya, sedangkan respons positif siswa menunjukkan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas flashcard berbasis pictorial riddle berdasarkan hasil validasi memperoleh modus sebesar 4 sehingga dinyatakan sangat valid. Kepraktisan media berdasarkan keterlaksanaan aktivitas siswa diperoleh modus sebesar 4 sehingga media dinyatakan sangat praktis. Selain itu pada kefektifannya, hasil belajar memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 95% dengan gain score 0,64, serta peningkatan motivasi berdasarkan respons positif siswa sebesar 0,43 sehingga media dinyatakan efektif. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifannya.
Kata kunci: Media flashcard, pictorial riddle, plantae, motivasi belajar, pemahaman konsep siswa
ABSTRACT
Motivation is a force that moves, maintains, and directs actions towards a goal. Understanding of concepts is the competence shown by students to understand the concepts that can be seen by improving their learning outcomes. The both can be improved using pictorial riddle-based flashcard media. This study aimed to produce a feasible flashcard media based on pictorial riddle on plants for increasing motivation and students understanding of grade X senior high school based on its validity, practicality, and effectivity. This study was a development research with 4D model consisting of define, design, develop, and disseminate steps. This study only did until “develop” step. The media development was limited trial on 20 students of grade X MAN Sidoarjo at January 10, 2019. The instruments used validation sheets, observations of implementation, tests, and motivation questionnaires. Data analysis uses the results of validation, implementation of learning, student learning outcomes, and student motivation. Students learning outcomes showed students understanding of concept, whilw positive responses showed students motivation. The results showed that the media validity based on validation results obtained modus of 4, so this media was very valid. The practicality of the media based on student activities obtained modus of 4, so this media was very practical. In addition, students learning outcomes obtained classical completeness of 95% with 0.64 in gain score, also increasing of motivation based students positive responses of 0.43, so this media was effective. Based on the data obtained, it can be concluded that the media was feasible.
Key word: Flashcard media, pictorial riddle, plantae, motivation, students understanding of concept