ABSTRAK
Mashun, 2019 “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri Di Kabupaten Lombok Timur”
Kata Kunci : Metode pembelajaran, berpikir kritis, hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar sosiologi antara siswa yang mengikuti metode discovery learning dengan yang mengikuti metode direct learning , (2) perbedaan hasil belajar sosiologi antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan yang memiliki kemampuan perpikir kritis rendah, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar sosiologi.
Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Selong sebanyak dua kelas dan siswa kelas X SMAN 3 Selong sebanyak dua kelas. Dari kedua sekolah tersebut masing-masing satu kelas dijadikan kelas eksperimen dan satu kelas control. Kelas ekperimen akan diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning sedangkan kelas control akan diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode direct instraction. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik tes untuk mendapatkan data hasil belajar sosiologi, serta tehnik non tes berupa angket untuk mendapatkan data kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis pada penelitian ini mengunakan ANAVA dua jalur dan pengelolahan data menggunakan program SPSS versi 20.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar sosiologi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode discovery learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode direct instruction; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar sosiologi antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar sosiologi.
ABSTRACT
Mashun, 2019 “The Effect of Learning Method and Critical Thinking Ability toward the Learning Outcome of Sociology for the Tenth Grade Students of Senior High School in East Lombok Regency”.
Key Words: Learning Method, Critical Thinking, Learning Outcome
This study aims at acknowledging: 1) (The difference of learning outcome on sociology among students; (2) the difference of learning outcome on sociology between the students whose high critical thinking ability with the students whose low critical thinking ability; (3) Interaction between learning method and critical thinking ability towards learning outcome on sociology.
This research applied an experiment method which and The subjects of the research are the ten grade students of SMAN 1 Selong and SMA N 3 Selong which were grouped into two classes. At each school the two groups were classified as one group was as the experiment group and another one was a control group. The experiment group was taught using discovery learnig method and another group was taught using direct instruction. Date were ollected using test to get the data of sociology learning outcome and the questioner was used to get the data of critical thinking. Hypothetical testin used in this research was two way- ANOVA and data were computed by using SPSS 20 version.
Form the result of date analysis it can be inferred: (1) There was a significant difference in learning outcome of sociology between the group of students taught by discovery learning method and those who were taught by using direct instruction method; (2) There was a significant different learning outcome of sociology between student whose high critical thinking competence and those whose the low critical thinking competence; (3) There was an interaction between the learning method and critical thinking competence toward the the learning outcome of sociology.