ABSTRAK
Lee, K Y. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Sumber belajar terhadap Keterampilan Berbicara dan Kemandirian Belajar Bahasa Korea di Rumah Bahasa Kota Surabaya. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., (II) Dr. Bachtiar S Bachri, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Sumber Belajar, Keterampilan Berbicara, Kemandirian belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap keterampilan berbicara dan kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Korea di Rumah Bahasa Kota Surabaya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian experimental design dengan bentuk pretest-posttest group design. Penelitian ini melibatkan dua kelompok yang masing-masing terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis uji validitas dan reliabilitas instrument dilakukan untuk mengetahui kehandalan instrument. Setelah instrument dinyatakan handal, selanjutnya instrument angket untuk menegatahui pengaruh kemandirian belajar dan tes yang akan digunakan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dalam meningkatkan keterampilan berbicara melalui peretest dan postest, dengan menggunakan rumus independen sampel t-test.
Hasil penelitian berdasarkan perhitungan diatas diketahui rata-rata (mean) untuk pretest kelas kontrol adalah 56,7 dan kelas eksperimen 76,4. Kemudian, hasil dari penghitungan dengan uji sign test diperoleh nilai signifikansi berdasarkan pada kolom asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 atau signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada rata-rata nilai posttest kelas kontrol dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang berarti sumber belajar berpengaruh terhadap keterampilan berbicara. Selanjutnya berdasarkan perhitungan angket kemandirian belajar diketahui rata-rata (mean) untuk kelas kontrol adalah 76 dan kelas eksperimen 95. Kemudian, hasil dari penghitungan dengan uji t diperoleh nilai signifikansi berdasarkan pada kolom asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 atau signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada rata-rata hasil angket kelas kontrol dan rata-rata hasil angket kelas eksperimen. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis uji t pada kelas eksperimen yang menggunakan sumber belajar dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional atau pembelajaran pada umumnya dapat diinterprestasikan bahwa terdapat pengaruh peningkatan kemandirian belajar peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Korea di Rumah Bahasa Kota Surabaya.
ABSTRACT
Lee, K Y. 2019. The Effect of Utilizing Learning Resources on Speaking and Independence Skills in Learning Korean at Surabaya City Language Houses. Thesis, Department of Educational Technology, Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., (II) Dr. Bachtiar S Bachri, M.Pd.
Keyword: Learning Resources, Speaking Skills, Learning Independence.
This study aims to determine the effect of the use of learning resources on speaking skills and learning independence of students in learning Korean at the Surabaya City Language House.
This study uses quantitative research with experimental design research methods with the form of pretest-posttest group design. This study involved two groups, each of which consisted of the experimental group and the control group. Analysis of the validity and reliability of the instrument was conducted to determine the reliability of the instrument. After the instrument is declared reliable, then the questionnaire instrument to find out the effect of learning independence and tests that will be used to determine the effect of the use of learning resources in improving speaking skills through peretest and posttest, using an independent formula sample t-test.
Research results Based on the above calculations it is known that the mean (mean) for the pretest of the control class is 56.7 and the experimental class is 76.4. Then, the results of the calculation with the sign test obtained a significance value based on the asymp column. Sig (2-tailed) of 0.00 or significance <0.05 (0.00 <0.05). Thus it can be concluded that there is a difference in the average value of the posttest of the control class and the average value of the posttest of the experimental class which means that the learning resources influence speaking skills. Furthermore, based on the calculation of the learning independence questionnaire known the mean (mean) for the control class is 76 and the experimental class 95. Then, the results of the calculation with the t test obtained significance values based on the asymp column. Sig (2-tailed) of 0.00 or significance <0.05 (0.00 <0.05). Thus it can be concluded that there are differences in the average results of the control class questionnaire and the average results of the experimental class questionnaire. The conclusions obtained from the t test analysis in the experimental class using learning resources and the control class using conventional learning methods or learning in general can be interpreted that there is an effect of increasing students' learning independence in the implementation of Korean Language learning in the Surabaya Language House in Surabaya.