Implementasi Pola Tulisan Tangan untuk Memahami Karakter Siswa Kelas 1 SDN Sumberjati 1
Implementation of Handwriting Patterns to Understand the Characters of Grade 1 Students at SDN Sumberjati 1
ABSTRAK
Nama : Yuyun Indah Lestari
NIM : 17020074029
Prodi Studi : S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. Kisyani, M.Hum.
Kata Kunci : Grafologi, Karakteristik, Karakter
Tulisan tangan merupakan sebuah perwujudan dari pikiran bawah sadar dan sadar seseorang yang menampilkan gambaran dari karakter a wal seseorang. Alasan penelitian ini menggunakan subjek penelitian siswa SD kelas 1 dikarenakan siswa kelas 1 sedang dalam fase perkembangan awal sensor motorik dan kontrol mata tangan yang cukup matang sehingga peneliti tertarik untuk memahami karakter siswa SD kelas 1 SDN Sumberjati 1. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik tulisan tangan dan karakter dasar dari siswa sd kelas 1 yang dapat mulai menyingkronkan antara emosional dengan tulisan. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan ilmu grafologi yang dapat diterapkan dalam pendidikan karena bermanfaat untuk menentukan suatu model pembelajaran terhadap karakter anak. Peneliti menggunakan Metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan karakteristik tulisan tangan dan deskripsi karakter siswa kelas 1 SDN Sumberjati 1, Mojokerto. Penelitian ini menghasilkan (1) karakteristik tulisan tangan siswa kelas 1 SDN Sumberjati 1 yang cenderung berzona tulisan tengah, jarak yang sempit, kecepatan penulisan lambat, tidak memiliki lengkung tulisan, jenis tulisan tangan cetak dan mudah dibaca. (2) muatan karakter siswa kelas 1 SDN Sumberjati 1 terdiri atas (a) muatan karakter baik: cermat, baik, konsisten, kreatif, praktis, percaya diri, dan mandiri, (b) muatan karakter kurang baik: terburu-buru, tidak mudah bergaul, dan pendendam.
ABSTRACT
Name : Yuyun Indah Lestari
Studen ID : 17020074029
Study Program : S1 Indonesian Language and Literature
Education
Department : Indonesian Language and Literature
Faculty : Faculty of Language and Art
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Prof. Dr. Kisyani, M.Hum.
Keywords :Graphology, Characteristics, Characters
Handwriting is a manifestation of one's subconscious and conscious mind that displays a picture of a person's character. The reason this study uses the research subjects of elementary school studentskel as 1 is because grade 1 students are in the early development phase of motor sensors and eye control is mature enough that researchers are interested in understanding the character of elementary school students in grade 1 SDN Sumberjati 1. This study aims to describe the characteristics of handwriting and the basic character of grade 1 elementary students who can begin to synchronize between emotional and writing. In this study, researchers used graphology that can be applied in education because it is useful to determine a model of learning on the character of children. Researchers used descriptive qualitative methods. The results of this study showed the characteristics of handwriting and character descriptions of grade 1 students at SDN Sumberjati 1, Mojokerto. This study produced (1) the handwriting characteristics of grade 1 students at SDN Sumberjati 1 who tend to zone out middle writing, narrow distance, slow writing speed, lack of writing curves, type of printed handwriting and easy to read. (2) The character content of grade 1 students at SDN Sumberjati 1 consists of (a) good character content: meticulous, kind, consistent, creative, practical, confident, and independent, (b) the content of the characters is not good: rush, not sociable, and vindictive