Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) Proses pengembangan media pembelajaran kartu Make A Match pada materi pasar untuk meningkatkan keaktifan siswa, 2) Kelayakan media pembelajaran kartu Make A Match pada materi pasar untuk meningkatkan keaktifan peserta didik, 3) Keaktifan peserta didik terhadap media pembelajaran kartu Make A Match pada materi pasar.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Desain uji coba menggunakan The Grup Pretest-Postest. Subjek uji coba penelitian ini adalah tiga orang validator dan 20 peserta didik kelas X IPS 2. Jenis data penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar telaah, lembar validasi, dan lembar observasi keaktifan siswa.
Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kelayakan materi pada seluruh aspek memperoleh rata-rata persentase sebesar 84,4% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan untuk hasil validasi media pada seluruh aspek memperoleh rata-rata persentase sebesar 82,3% dengan kriteria “sangat layak”. Untuk hasil observasi keaktifan siswa, didapat data bahwa terdapat peningkatan keaktifan siswa sebesar 36% setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan media pembelajaran kartu make a match pada materi pasar oleh peneliti.
Kata kunci : Media pembelajaran, kartu, make a match, pasar, keaktifan siswa.
The purpose of this study is to analys 1) the process of developing Make A Match card learning media on market materials to increase student activity, 2) the feasibility of Make A Match card learning media on market materials to improve student activity, 3) the activity of students in card learning media Make A Match on market material.
The type of research used is research and development with the ADDIE development model that consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The trial design used The Pretest-Posttest Group. The subjects of this study were three validators and 20 students of class X IPS 2. The type of data in this study included qualitative and quantitative data with data collection instruments in the form of study sheets, validation sheets, and observation sheets for student activeness.