Strategi Sekolah Dalam Membangun Brand Image
School Strategy in Building Brand Image
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan informasi dan menelaah bagaimana membangun brand image bagi sekolah agar sekolah mampuan dalam mecitrakan sekolah nya kepada masyarakat, dengan melihat semakin banyak nya bermunculan sekolah baru setiap tahun nya akan memperketat persaingan jika sekolah tidak mampu memperkenal kan personanya. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi litelatur dengan menelaah 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional sehingga memperoleh data. Hasil dari telaah jurnal tersebut mendapatkan hasil dalam proses membangun brand image memiliki faktor - faktor yang mempengaruhi brand image diantaranya: 1) keunggulan, 2) kekuata dan 3) keunikan. penerapan brand image dalam membangun, tentu memerlukan strategi. Strategi yang dihasilkan artikel ini antara lain ada dua yaitu strategi brand image internal dan eksternal, strategi internal yaitu membangun total quality management yaitu dengan mengupgrade keseluruhan meliputi antara lain 1) akreditasi kelembagaan, 2) profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan, 3) prilaku siswa, 4) kegiatan unggulan sekolah, 5) prestasi siswa, 6) kualitas lulusan, 7) hubungan alumni. Strategi ekternal yaitu merupakan kegiatan marketing dengan langkah unware of brand. Dengan singkron nya keseluruhan aspek diatas maka akan terciptanya brand image sesuai harapan.
Kata Kunci: Strategi, Branding Sekolah, Brand Image
The purpose of writing this article is to provide information and examine how to build a brand image for schools so that schools are able to image their schools to the community, by seeing the increasing number of new schools emerging every year it will tighten competition if schools are unable to introduce their personalities. The writing of this article uses the literature study method by examining 10 national journals and 10 international journals in order to obtain data. The results of the review of the journal show that in the process of building a brand image, there are factors that influence brand image including: 1) product excellence, 2) brand strength and 3) brand uniqueness. the application of brand image in building, of course, requires a strategy. The strategies produced by this article include two strategies, namely internal and external brand image strategies, internal strategies, namely building total quality management, namely by upgrading the whole including: 1) institutional accreditation, 2) professionalism of educators and education staff., 3) student behavior., 4) excellent school activities., 5) student achievement., 6) quality of graduates., 7) alumni relations. The external strategy is a marketing activity with the unware of brand step. With the synchronization of all the aspects above, a brand image will be created as expected.
Keywords: Strategy, School Branding, Brand Image