Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah
The Influence of Halal Label, Brand Image, and Online Consumer Review on Wardah Cosmetics Purchase Decisions
Kosmetik saat ini menjadi salah satu kebutuhan wanita untuk menunjang
penampilannya, mulai dari remaja hingga dewasa, khususnya seorang muslimah yang
ingin tampil cantik tanpa harus khawatir dengan ketentuan dalam agama islam.
Sehingga perkembangan industri kosmetik berkembang pesat untuk berinovasi dan
memenuhi tantangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami
pengaruh label halal, citra merek, dan online consumer review terhadap keputusan
pembelian kosmetik Wardah. Dalam penelitian jumlah sampel yang digunakan yaitu 100
responden dengan kriteria wanita muslim yang pernah menggunakan atau membeli
kosmetik Wardah di Kota Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan
menyebarkan kuesioner secara online dan diukur menggunakan skala likert.
Menggunakan teknik analisis diantaranya uji instrumen, uji regresi linear berganda, dan
uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini label halal dan citra merek, masing-masing
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan online
consumer review tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian
kosmetik Wardah.
Cosmetics are one of the needs of women to support their appearance, especially a
muslim woman who want to look beautiful without having worry about the provisions of
islam. The development of cosmetic industry is growing rapidly to innovate and accept
the challenges. The purpose of this research to determine the simultaneously effect of
halal label, brand image, and online consumer review on purchasing descision of
Wardah Cosmetics. The sample is 100 muslim women respondents who have used or
bought Wardah cosmetics in Surabaya. Data collection methods used in this research
was a likert scale questinnaire. Data analysis techniques usedare the instrument test,
multiple linear regression, and hypothesis test. The results of this research are halal label
and brand image significantly influences purchasing decision,while online consumer
review doesn’t significantly influence Wadah cosmetics purchasing decisions.