PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATERI CHOUX PASTE BAGI SISWA SMK KULINER
DEVELOPMENT OF CANVA-BASED E-MODULES ON CHOUX PASTE CONTENT FOR CULINARY SMK STUDENTS
Nama : Ani Asriati
NIM : 20050394052
Program Studi : S1 Pendidikan Tata Boga
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Lucia Tri Pangesthi, M.Pd.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) hasil pengembangan E-modul berbasis canva pada materi choux paste bagi siswa SMK Kuliner; 2) kelayakan isi materi E-modul berbasis canva pada materi choux paste bagi siswa SMK Kuliner; 3) Kelayakan media E-modul berbasis canva pada materi choux paste bagi siswa SMK Kuliner; 4) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan E-modul berbasis canva pada materi choux paste bagi siswa SMK Kuliner. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) khususnya model 4D menurut Thiagarajan. langkah-langkah pada model ini meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Analisis pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan subjek penelitian yaitu terdiri dari 4 validator (2 validator materi & 2 validator media) serta 33 peserta didik SMKN 1 Lamongan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian menunjukan: 1) Hasil e-modul berbasis canva yang dapat diakses pada link https://shorturl.at/qr441; 2) kelayakan materi dan media dinyatakan sangat layak dengan nilai rerata masing-masing yaitu 96,50% dan 87,79%; 3) respon siswa sangat baik dengan rerata 87,13%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis canva ada materi choux paste bagi siswa SMK Kuliner sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan Model 4D, E-modul, Canva, choux paste
Name : Ani Asriati
Registration Number : 20050394052
Study Pro gram : S1 Culinary Education
Facultys : Engineering
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Dra. Lucia Tri Pangesthi, M.Pd.
The purpose of this study was to determine: 1) the results of the development of canva-based E-modules on choux paste content for culinary vocational students; 2) the feasibility of canva-based E-module content on choux paste content for culinary vocational students; 3) The feasibility of canva-based E-module media on choux paste content for culinary vocational students; 4) Find out student responses to the use of canva-based E-modules on choux paste content for culinary vocational students. This study uses research and development (R&D), especially the 4D model according to Thiagarajan. the steps in this model include defining, designing, developing and disseminating. Data collection analysis was carried out using a questionnaire with the research subject consisting of 4 validators (2 content validators & 2 media validators) and 33 students of SMKN 1 Lamongan. Data analysis techniques use quantitative descriptive techniques. The research showed: 1) The results of the canva-based e-module can be accessed at the link https://shorturl.at/qr441; 2) the feasibility of content and media is declared very feasible with an average value of 96.50% and 87.79% respectively; 3) the student response is very good with an average of 87.13%. Based on these results, it can be concluded that the canva-based E-module on choux paste content for culinary vocational students is very feasible to be applied in learning.
Keywords: 4D Model Development, E-module, Canva, choux paste