KONTRIBUSI METODE SOSIODRAMA DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA ANAK
CONTRIBUTION OF THE SOCIODRAMA METHOD IN STIMULATING CHILDREN'S LANGUAGE ABILITY
Abstrak
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan kemampuan bahasa anak masih rendah, permasalahan tersebut timbul karena pembelajaran yang diberikan terpusat pada guru dan sebatas LKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama dalam menstimulasi kemampuan bahasa anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan expost facto. Subjek pada penelitian ini sebanyak 32 guru dan 32 orang tua anak di TK Surabaya. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuisioner online yang disebar menggunakan google form. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan, studi ini menemukan bahwa metode sosiodrama berkontribusi positif terhadap kemampuan bahasa, terutama pada jumlah kosakata yang diucapkan anak untuk mengekspresikan perasannya. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan bahasa anak, dimana setiap satupersen metode sosiodrama yang diterapkan nilai kemampuan bahasa anak meningkat. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap orang tua dan guru dalam menstimulasi kemampuan bahasa anak, terlebih pada kosakata yang berkaitan dengan pengungkapan ekspresi dan perasaan pada anak.
Kata Kunci: kemampuan bahasa, metode sosiodrama
The results of a preliminary study found that children's language skills was still low , the problem arose because the learning * was centered* at the teacher and was limited to LKA. This study aimed to determine the effect of the socio-drama method in stimulating the language skills of children had age 5-6 years . This research used quantitative research with expost-facto design. Subjects in this study were 32 teachers and 32 children's parents in Surabaya kindergarten. Collecting data in this study through questionnaires online distributed using Google forms. Data analysis in this study used simple linear regression analysis. Based on the results of the calculation, this study found that the socio-drama method positively contributed for children’s languange skills, especially the amount of vocabulary spoken by children to express their feelings. This showed that there was an influence of the socio-drama method on children's language skills, where everyone of the socio-drama methods applied to the value of children's language development increased. This research had implications for parents and teachers in stimulating children's language skills, especially in vocabulary related to the expression of feelings and feelings in children
Keywords: language ability, socio-drama method