ANALISIS PERCAKAPAN YANG MENGANDUNG PERILAKU AFEKTIF PADA TOKOH SISWA DALAM ANIME ANSATSU KYOUSHITSU (暗殺教室)
CONVERSATION ANALYSIS CONTAINING AFFECTIVE BEHAVIOR ON STUDENT CHARACTERS IN ANIME ANSATSU KYOUSHITSU (暗殺教室)
Ibarat sebuah film, ada setting, cerita, konflik, dan yang terpenting adalah karakter. Karakter dalam anime diberikan tindakan, perilaku, dan bahkan perasaan oleh pembuatnya. Perilaku dalam karakter anime secara tidak langsung menuliskan perilaku yang ada di dunia nyata, baik positif maupun negatif. Sering kali sebagai seorang penonton anime, termasuk penulis sendiri, hanya melihat anime dari segi cerita dan karakternya, gambar yang menarik atau membosankan. Padahal, jika dicermati, perilaku yang terdapat dalam anime bisa jadi sesuatu yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berapa banyak kategori perilaku afektif dalam percakapan karakter siswa dalam anime Ansatsu Kyoushitsu (暗殺 ). Dalam hasil penelitian, ada 12 data kategori perilaku afektif dalam anime Ansatsu Kyoushitsu (暗殺 ), yaitu diklasifikasikan menjadi: a) penerimaan yang berarti dapat menerima rangsangan dari luar, b) responsif yang berarti dapat diterima dapat melibatkan diri secara aktif dalam suatu masalah, c) penilaian yang bermakna dapat menilai konsep mana yang baik dan yang buruk, d) organisasi yang bermakna dapat menyelesaikan konflik dalam lingkungan kelompok, e) bermakna penokohan mengarah pada tatanan pribadi, emosional, mental, dan sosial. Detail dari 12 data yang dijelaskan menurut penulis adalah kategori penerimaan berisi 1 data, kategori responsif berisi 4 data, kategori penilaian memiliki 2 data, kategori pengorganisasian memiliki 2 data, dan kategori karakterisasi berisi 3 data.
Like a film, there is a setting, a story, a conflict, and the most important thing is a character. Characters in anime are given an action, behavior, and even feelings by the maker. The behavior in the anime character indirectly writes down the behavior that exists in the real world, both positive and negative. Often times as an anime viewer, including the author himself, only sees anime in terms of the story and the character's pictures are either interesting or boring. In fact, if you look closely, the behavior contained in anime can be something that is needed. This study aims to explain how many categories of affective behavior in the conversation of student characters in the anime Ansatsu Kyoushitsu (暗殺 教室). In the research results, there are 12 data categories of affective behavior in the anime Ansatsu Kyoushitsu (暗殺 教室), which are classified into: a) acceptance which means it can accept external stimuli, b) responsive which means that it can actively involve itself in a problem, c) meaningful assessment can assess which concepts are good and which are bad, d) meaningful organization can resolve conflicts in a group environment, e) meaningful characterization leads to personal, emotional, mental, and social order. The details of the 12 data described by the author are that the acceptance category contains 1 data, the responsive category contains 4 data, the assessment category has 2 data, the organizing category has 2 data, and the characterization category contains 3 data.