Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Olah Vokal Berbasis Lagu Daerah untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal
Development of Vocal Technique Learning Videos Based on Regional Songs to Improve Musical Intelligence.
ABSTRAK
Widiya Larashati, Bunga. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Olah Vokal Berbasis Lagu Daerah untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal. Tesis Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Trisakti,M. Si, Dan (II). Dr. Martadi, M.Sn
Kata Kunci : Proses Pengembangan, Kualitas Video, Kepraktisan, Kecerdasan
Musikal
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kelayakan serta keefektifan pengembangan produk video teknik olah vokal berbasis lagu daerah untuk meningkatkan kecerdasan musikal. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain ADDIE. Model pengembangan produk disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis. Desain ADDIE memiliki lima tahapan, yakni: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi Subjek penelitian siswa kelas XI SMA Maarif Nu Pandaan. Pendekatan penelitian ini menggunakan Mixed Methods dengan desain penelitian ADDIE. Subjek penelitian yakni siswa kelas XI SMA di SMA Maarif NU Pandaan. Sampel penelitian skala kecil 10 siswa dan skala besar 30 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji signifikansi atau uji-t.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1). Proses pengembangan video pembelajaran didasarkan pada tiga konsep dasar yaitu analisis kurikulum, pembelajaran, karakteristik siswa dan analisis LKS. (2) Uji Ahli materi teknik vokal berada pada kualifikasi sangat layak dengan skor 90%, (2). Uji ahli media berada pada kualifikasi sangat baik dengan skor 86,6%, (4). Uji coba penggunaan video teknik vokal berdasarkan respon siswa mencapai 88,45%, dari respon guru I mendapat skor 95% sedangkan guru II mendapat skore 92,5% dengan kriterium sangat layak. Skore N-Gain skala kecil mencapai 0.54 dengan kategori efektif. Video pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan musikal dengan hasil Uji T (Ha) diterima dengan skor 0.000<0,005 yang artinya video pembelajaran teknik olah vokal berbasis lagu daerah dapat meningkatkan kecerdasan musikal siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan produk video teknik vokal dapat meningkatkan kecerdasan musikal siswa karena terdapat signifikansi peningkatan dalam nilai post-test saat menggunakan produk video. Disarankan kepada (1) guru seni budaya jenjang SMA, agar selain menggunakan metode, model dan strategi dalam pembelajaran akan lebih optimal jika ditambahkan dengan penggunaan media yang dapat mendukung materi yang diajarkan, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan. (2) Peneliti lain, diperlukan tentang pengembangan video dengan tujuan yang sudah ditentukan untuk mencapai efektvitas penggunaan. Karena media video merupakan media yang cukup efektif dan sesuai dengan perkembangan teknologi.
ABSTRACT
Widiya Larashati, Bunga. 2021. Development of Vocal Technique Learning Videos Based on Regional Songs to Improve Musical Intelligence. Cultural Arts Education Study Program thesis, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisor (1) Dr. Trisakti, M. Si, Dan (II). Dr. Martadi, M.Sn
Keywords: Development Process, Video Quality, Practicality, Musical Intelligence
The aim of the research is to produce video products for learning vocal techniques that are appropriate for use so that they can improve students' musical intelligence. This type of research is development research with the ADDIE design. The product development model is arranged programmatically in a systematic order. The ADDIE design has five stages, namely: analysis, design, development, implementation, and evaluation of research subjects for class XI SMA Maarif NU Pandaan. This research approach uses Mixed Methods with the ADDIE research design. The research subjects were students of class XI SMA at SMA Maarif NU Pandaan. The small-scale research sample is 10 students and the large-scale is 30 students. The research instrument is an observation sheet. The analysis in this study uses a significance test formula or t-test.
The research results show that (1). The process of developing learning videos is based on three basic concepts, curriculum analysis, learning, student characteristics and LKS analysis. (2) The expert test for vocal technique is in a very decent qualification with a score of 90%, (2). The media expert test is in very good qualification with a score of 86.6%, (4). Trials using vocal technique videos based on student responses reached 88.45%, from the response of teacher I got a score of 95% while teacher II got a score of 92.5% with very decent criteria. The small-scale N-Gain score reaches 0.54 in the effective category. Learning videos can increase musical intelligence with the results of the T Test (Ha) being accepted with a score of 0.000 <0.005, which means that videos learning vocal processing techniques based on folk songs can improve students' musical intelligence.
Based on the research results, it can be concluded that vocal technique video products can improve students' musical intelligence because there is a significant increase in post-test scores when using video products. It is suggested to (1) art and culture teachers at the high school level, that in addition to using methods, models and strategies in learning it will be more optimal if it is added to the use of media that can support the material being taught, so that learning becomes more effective and enjoyable. (2) Other researchers are needed regarding the development of videos with predetermined objectives to achieve the effectiveness of use. Because video media is a medium that is quite effective and in accordance with current technological developments.