Abstrak
Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia tidak dapat dipisahkan dari kinerja yang dilakukan oleh guru. Kinerja guru disini dipengaruhi oleh kompensasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Jika kompensasi yang diberikan kepada guru tidak sesuai dengan beban kerjanya maka guru tidak akan maksimal dalam melaksanakan setiap tugasnya di sekolah. Gaya kepemimpinan kepala sekolah juga sangat mempengaruhi kinerja guru. Karena dengan adanya gaya kepemimpinan maka guru akan termotivasi dan semangat dalam mengajar dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan; 2) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan; 3) pengaruh kompensasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah 31 guru dari total populasi sebanyak 60 guru. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas dengan hasil bahwa sig 0,303 > 0,05 sehingga H0 diterima. Hasil Uji heteroskedastisitas diperoleh hasil untuk variabel kompensasi sebesar 0,252 dan gaya kepemimpinan sebesar 0,163 atau lebih besar dari taraf signifikansi sehingga kedua variabel tidak terkena gejala heterokedastisitas. Uji multikolinieritas dapat diperoleh niali dari VIF 2,193 < 10 dan nilai tolerance 0,456 = 46% > 10% sehingga variabel independen tidak terdapat gejala multikolinieritas. Analisis regresi linier berganda diperoleh nilai variabel dependen untuk kinerja guru dapat dilihat dari nilai konstantanya sebesar 0,885, pengaruh variabel kompensasi terhadap kinerja guru apabila dilihat dari besarnya koefisien regresi 0,582, pengaruh variabel independen gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru sebesar 0,429. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 64,1% kinerja guru dipengaruhi kompensasi dan gaya kepemimpinan (X2) serta sisanya 35,9% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian. Analisa yang dilakukan peneliti diperoleh hasil sesuai uji Thitung sebesar 2,856 dengan nilai signifikansi 0,008 atau lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 maka disimpulkan secara parsial variabel kompensasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil sesuai uji Thitung sebesar 2,261 dengan nilai signifikansi 0,032 atau lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 maka disimpulkan secara parsial variabel gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Analisa yang dilakukan peneliti diperoleh hasil dari F-hitung yaitu sebesar 24,992 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana lebih kecil taraf signifikansi 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang artinya semua variabel yaitu kompensasi dan gaya kepemimpinan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kinerja Guru, Kompensasi
Abstract
To increase the quality of human resources can’t be separated from the performance carried out by the teacher. Teacher performance is influenced by the compensation and leadership style by headmaster. If the compensation given to the teacher doesn't match the workload, the teacher will not be maximal in carrying out each of his duties at school. The leadership style by headmaster also greatly influences teacher performance. Because with the leadership style by the headmaster, the teacher will be motivated and enthusiastic in teaching in class. This study aims to analyze: 1) the effect of compensation on teacher performance at SMK Muhammadiyah 1 Lamongan; 2) the influence of leadership style on teacher performance at SMK Muhammadiyah 1 Lamongan; 3) the effect of compensation and leadership style on teacher performance at SMK Muhammadiyah 1 Lamongan. This type of research is descriptive research using a quantitative approach. The sample used by researchers was 31 teachers from a total population of 60 teachers. The instrument in this study was to use a questionnaire. The data analysis technique in this study is using the normality t-test with the results that sig 0.303 > 0.05 so that Ho is accepted. Heteroscedasticity test results obtained results for compensation variables of 0.252 and leadership style of 0.163 or greater than the significance level so that the two variables were not affected by symptoms of heteroscedasticity. Multicollinearity test can be obtained from the value of VIF 2.193 < 10 and the tolerance value of 0.456 = 46% > 10% so that the independent variable has no symptoms of multicollinearity. Multiple linear regression analysis obtained the value of the dependent variable for teacher performance can be seen from the constant value of 0.885, the effect of compensation variables on teacher performance when viewed from the magnitude of the regression coefficient 0.582, the effect of the independent variable leadership style on teacher performance is 0.429. The coefficient of determination (R2) shows that 64.1% teacher performance is influenced by compensation and leadership style and the remaining 35.9% is influenced by other variables outside the research. The analysis carried out by the researcher obtained results according to the t-test of 2.856 with a significance value of 0.008 or smaller than the significance level of 0.05, so it was concluded partially that the compensation variable had a significant effect on teacher performance. The results of the analysis that has been done obtained results according to the t-test of 2.261 with a significance value of 0.032 or smaller than the significance level of 0.05, then it can be concluded partially that the leadership style variable has a significant influence on teacher performance. The analysis carried out by the researcher obtained results from the F-test which is equal to 24.992 with a significance value of 0.000 where the significance level of 0.05 is smaller. It can be concluded that Ho is rejected, which means all variables namely compensation and leadership style simultaneously influence teacher performance
Keywords: Leadership Style, Teacher Performance, Compensation