PENGEMBANGAN ANIMASI ONE PIECE BERBASIS INSTAGRAM PADA POKOK BAHASAN MITIGASI BENCANA ALAM DI KELAS XI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Perkembangan teknologi saat ini sudah masuk pada era VUCA, yang mulai masuk ke berbagai aspek kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang mulai masuk ke dalam pendidikan menggeser metode pembelajaran konvensional. Sehingga guru dituntut harus kreatif dan inovatif dalam menggunakan media. Salah satunya dengan memakai media sosial instagram dan dengan anime yang saat ini populer. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran berbasis teknologi dengan menggunakan instagram dan anime one piece yang berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan atau research and development (RnD) dengan menggunakan Model. Lokasi penelitian berada di MAN 1 Trenggalek. Pengumpulan data dilakukan dengan cara uji kelayakan materi dan media, observasi, nilai pretest dan posttest, gaya belajar, angket respon dan juga dokumentasi. Adapun teknik analisis data kuantitatif deskriptif dengan menggunakan perhitungan SPSS mulai dari uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji T dan anova one way.
Hasil yang didapatkan dari penelitian menunjukkan uji kelayakan ahli materi sebesar 89% dan ahli media sebesar 94% yang artinya media pengembangan ONEPIECEGEOPEDIA ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kemudian hasil respon siswa terhadapa media pengembangan ini sebesar 91% yang artinya media ini memiliki respon positif dari siswa. Selanjutnya dari hasil mengukur gaya belajar siswa didapatkan rata-rata siswa memiliki gaya belajar visual. Adapun perolehan perbandingan hasil nilai pretest dan posttest dari perbandingan kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan jika terdapat perbedaan rata-rata posttest yakni 73.71 pada kelas kontrol dan 77.93 dikelas eksperimen. Yang mana 73.71< 77.93, sehingga dapat dikatakan media ONEPIECEGEOPEDIA ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Kata kunci : Teknologi, Media pembelajaran, Hasil Belajar
Current technological developments have entered the VUCA era, which has begun to enter various aspects of human life. Technological developments that are starting to enter into education shift conventional learning methods. So that teachers are required to be creative and innovative in using media. One of them is by using social media Instagram and with anime which are currently popular. The purpose of this study is to create technology-based learning media using Instagram and one piece anime that have an effect on student learning outcomes.
This type of research is research and development (RnD) using a model. The research location is in MAN 1 Trenggalek. Data collection was carried out by means of material and media feasibility tests, observations, pretest and posttest scores, learning styles, response questionnaires and documentation. The descriptive quantitative data analysis technique uses SPSS calculations starting from validity, reliability, normality, homogeneity, T-test and one-way ANOVA tests.
The results obtained from the study showed that the feasibility test for material experts was 89% and media experts were 94%, which means that the development media for ONEPIECEGEOPEDIA is suitable for use as learning media. Then the results of student responses to this development media amounted to 91%, which means that this media has a positive response from students. Furthermore, from the results of measuring student learning styles, the average student has a visual learning style. As for the comparison of the results of the pretest and posttest scores from the comparison of the experimental class and the control class, it shows that there is a difference in the posttest average, namely 73.71 in the control class and 77.93 in the experimental class. Which is 73.71 < 77.93, so that it can be said that the ONEPIECEGEOPEDIA media is effective for improving student learning outcomes
Keywords: Technology, Learning Media, Learning Outcomes