EFEKTIFITAS MEDIA V – MAU BERBASIS RME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN KELAS III SD
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan media "V-MAU" berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas III SD. Dengan latar belakang pentingnya pemahaman konsep matematika pada tingkat dasar, penelitian ini dilakukan untuk memberikan kontribusi dalam menjawab pertanyaan mengenai sejauh mana media "V-MAU" dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas III SD dan apakah pendekatan ini efektif dalam konteks pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas III SD yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yang menggunakan media "V-MAU" berbasis RME dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep perkalian sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep perkalian. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil perhitungan uji t berpasangan menggunakan SPSS Statistics 25. Uji hipotesis menghasilkan nilai berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan. Hasil signifikan (2-tailed) pretest dan posttest kelas eksperimen menunjukkan 0,000, atau 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pemahaman ide perkalian siswa kelas III SD dipengaruhi oleh penggunaan media V-MAU berbasis RME. Selain itu, nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,7285 atau secara persentase sebesar 72,85%. Dibandingkan dengan kelompok kontrol, rata-rata nilai N-Gain adalah 0,4695 dengan persentase 46,95%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III SD dapat memahami konsep perkalian secara efektif melalui penggunaan media V-MAU berbasis RME.
Kata Kunci: Efektifitas, Media V-MAU, Pemahaman Konsep Perkalian
This research aims to investigate the effectiveness of using the "V-MAU" media based on Realistic Mathematics Education (RME)on understanding the concept of multiplication in third grade elementary school students. With the background of the importance of understanding mathematical concepts at the basic level, this research was conducted to contribute to answering the question regarding the extent to which "V-MAU" media can improve the understanding of multiplication concepts for third grade elementary school students and whether this approach is effective in the context of mathematics learning. The research method used was an experiment with a pretest-posttest control group design. The research subjects consisted of third grade elementary school students who were divided into an experimental group that used RME-based "V-MAU" media and a control group that used conventional learning methods. Data was collected through tests of understanding the concept of multiplication before and after treatment. The results showed a significant increase in understanding the concept of multiplication. This can be proven by looking at the results of the paired t test calculation using SPSS Statistics 25. Hypothesis testing produces values based on the calculations that have been carried out. The significant results (2-tailed) of the pretest and posttest for the experimental class showed 0.000, or 0.00 <0.05. This shows that Ha is accepted and Ho is rejected. From this it can be concluded that third grade elementary school students' understanding of multiplication ideas is influenced by the use of RME-based V-MAU media. Apart from that, the average value of N-Gain for the experimental class is 0.7285 or a percentage of 72.85%. Compared with the control group, the average N-Gain value was 0.4695 with a percentage of 46.95%. It can be concluded that third grade elementary school students can understand the concept of multiplication effectively through the use of RME-based V-MAU media.
Keywords: Effectiveness, V-MAU Media, Understanding the Concept of Multiplication