Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga viskositas untuk melatihkan keterampilan proses sains pada peserta didik di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan meliputi Analysis (Analisa), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Alat peraga yang dikembangkan diujicobakan kepada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Cerme dengan menggunakan uji terbatas sebanyak 30 peserta didik. Data hasil penelitian ini berupa kelayakan alat peraga sebesar 95,38% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Adapun kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan dan kendala saat kegiatan pembelajaran menggunakan alat peraga viskositas sebesar 97,22% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk keefektifan yang ditinjau dari dua aspek yaitu hasil belajar dan aktivitas peserta didik saat melakukan percobaan menggunakan alat peraga sebesar 90,67% dengan kategori sangat tinggi serta angket respon peserta didik dari 30 peserta didik didapatkan respon positif sebesar 84,74% dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat peraga viskositas telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi fluida statis sub materi viskositas dan hukum stokes.
Kata kunci: Alat Peraga, Viskositas
The purpose of this study is to make viscosity props to train science process skills for students at SMA. This research used a development research method with ADDIE model including analysis, design, development, implementation, and evaluation. The teaching property that is developed then tested to students on XI grade at SMA Negeri 1 Cerme using limited tests only for 30 students. The result of this study is in the form of the appropriateness of 95,38% with the valid category and feasible to use. As for simplicity observed by the implementations and the obstacles while using the property in the amount of 97,22% with the excellent category. While for the effectiveness that is observed by two aspects that are the results of the study and the student’s activity while doing the experiment using the property in the amount of 90,67% with very high category, and for the student’s questionnaire is obtained a positive response of 84,74% of 30 students. Overall can be stated that the teaching aids related to viscosity has been decent to use as a physics’ learning media of static fluid material on viscosity and law of stokes.
Keywords: Teaching aids, viscosity