PENERAPAN METODE ANALISIS GLASS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD ANAK DISLEKSIA
Application Of Analysis Glass Method The Ability To Recognize The Letters Of The Alphabet In Dyslexia
Penerapan metode analisis glass dalam pembelajaran mengenal huruf abjad merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki anak, dikarenakan mampu membantu sebelum ke tahap membaca permulaan. Metode analisis glass digunakan sebagai suatu metode pembelajaran yang khusus untuk meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis penerapan metode analisis glass terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada anak disleksia. Penulisan ini menggunakan metode literature riview, dengan mengkaji kumpulan literature terkait dengan topik pembahasan. Selanjutnya data akan dianalisis secara deskriptif kuantatif, dengan menggunakan teknik analisis data uji tes berupa pre-test dan post-test. Hasil dari penulisan ini menunjukkan kegunaan metode analisis glass terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada anak disleksia meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata pada post-test (8,10), yang berarti lebih besar dari skor pre-test (5,42). Dalam penerapan metode analisis glass dapat meningkatkan daya ingat anak dengan cara belajar secara berulang-ulang.
Kata Kunci : Metode Analisis Glass, Mengenal Huruf Abjad, Disleksia.
Abstract
The application of the glass analysis method in learning to recognize the letters of the alphabet is one of the skills that must be possessed by children, because it is able to help before the initial reading stage. Glass analysis method is used as a special learning method to improve children's ability to learn to read. The purpose of this paper is to analyze the application of the glass analysis method to the ability to recognize the letters of the alphabet in dyslexic children. This writing uses the literature review method, by reviewing a collection of literature related to the topic of discussion. Furthermore, the data will be analyzed descriptively quantitatively, using test data analysis techniques in the form of pre-test and post-test. The results of this paper show that the use of the glass analysis method on the ability to recognize letters of the alphabet in dyslexic children increased significantly with the average score on the post-test (8.10), which means it is greater than the pre-test score (5.42). In the application of the glass analysis method, it can improve children's memory by learning repeatedly.
Keywords: Glass Analysis Method, Recognizing Alphabet Letters, Dyslexia.