Pertunjukan Reyog Ponorogo adalah sebuah penampilan sendratari dan diiringi bunyi musik tradisional yaitu gamelan. Cerita Reyog Ponorogo tersimpan dalam pertunjukan Reyog namun belum banyak yang mengerti dengan alur cerita yang disampaikan, sedangkan untuk melestarikan budaya diperlukan untuk mengenalkan cerita budaya tersebut dengan baik. Cerita Reyog Ponorogo sudah ada semenjak abad XII, dan diharapkan eksistensinya akan hidup sepanjang zaman. Maka dari itu Perupa memiliki motivasi untuk mengenalkan cerita Reyog Ponorogo melalui media yaitu karya kriya. Konsep ide tersebut semakin kuat karena seni kriya memiliki hubungan yang erat dengan budaya di sekitar masyarakat.
Tahapan yang ditempuh perupa dalam proses perwujudan karya meliputi pematangan konsep, pembuatan desain, validasi desain, proses perwujudan karya, dan finishing karya. Desain awal yang disiapkan berjumlah 16 buah kemudian dipilih empat buah desain untuk dieksekusi menjadi karya. Perupa membuat empat karya logam dengan judul “Kerajaan Bantarangin”, “Pertarungan”, “Kekalahan”, dan “Kesenian Reyog Ponorogo”. Bahan yang digunakan adalah plat logam tembaga berukuran 36x60cm dengan ketebalan 0,55mm. Perwujudan karya logam menggunakan teknik pembentukan yang terdiri dari beberapa teknik ukir logam (rancapan, wudulan endak-endakan) dan teknik finishing. Teknik finishing sendiri dibagi menjadi empat tahap yaitu pencucian, pewarnaan dengan oksidasi kimia Na2S, pelapisan dan perakitan.
Kata Kunci : Reyog Ponorogo, logam, Bantarangin.
Reyog Ponorogo’s show is a kind of dance drama which is accompanied by the sound of traditional music, called gamelan. Stories of Reyog Ponorogo's are stored in Reyog's show but many people didn’t understand with the storyline that is conveyed, while preserving culture is needed to know the cultural story well. Reyog Ponorogo's story has been around since the XII century, and it is hoped that its existence will live throughout the ages. Therefore the artist has an innovation to introduce Reyog Ponorogo's story through a new media, which is a creation. The concept of the idea is increasingly supported because the art of craft has a close relationship with the culture around the community.
Process that taken by artist in the process of embodiment of the creation include the maturation of the concept, design creation, design validation, the process of embodiment of the creation, and finishing of the creation. The initial designs prepared amounted to 16 pieces then four designs were chosen to be executed into works. Artists make four metal works with the titles “Kerajaan Bantarangin”, “Pertarungan”, “Kekalahan”, and “Kesenian Reyog Ponorogo”. The material are used is 36x60cm of copper metal plate with a thickness of 0.55mm. The embodiment of metal works uses the formation technique which consists of several metal carving techniques (rancapan, wudulan endak-endakan) and finishing techniques. The finishing technique itself is divided into four stages: washing, coloring, coating and assembling.
Key word : Reyog Ponorogo, metal , Bantarangin.