Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bojonegoro
School Strategies in Improving Student Achievement in Senior High School 1 Bojonegoro
Suatu sekolah dinyatakan berhasil dalam menyelenggarakan dan mencapai tujuan pendidikan salah satunya dibuktikan dengan adanya prestasi utamanya prestasi peserta didik, dalam mencapai keberhasilan dan meningkatkan prestasi peserta didik suatu sekolah harus menerapkan sebuah strategi. Penerapan strategi yang tepat akan berdampak terhadap keberhasilan sekolah untuk menciptakan peserta didik yang berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bojonegoro, (2) strategi guru dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bojonegoro, dan (3) upaya peserta didik dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptifdan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bojonegoro antara lain pengembangan ekstrakurikuler, menjalin kerja sama, penerapan program literasi sekolah, membentuk kegiatan kompetisi lingkup sekolah, penerapan program adiwiyata mandiri, pemberian motivasi, reward serta kegiatan pengembangan kompetensi yang ditujukan kepada guru, (2) strategi guru dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bojonegoro antara lain pengembangan media dan metode pembelajaran yang variatif, guru aktif menyampaikan informasi perlombaan, guru memberikan bimbingan intensif kepada peserta didik, dan peserta didik yang telah berhasil atau berprestasi guru juga memberikan reward berupa tambahan nilai sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan yang telah diterima, (3) upaya peserta didik dalam meningkatkan prestasi di SMA Negeri 1 Bojonegoro diantaranya berlajar dengan sungguh-sungguh dan bisa membagi waktu, mengembangkan dan menekuni hobi, memberikan motivasi pada diri sendiri, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler disekolah, mengikuti organisasi, komunitas, dan kegiatan sekolah, memanfaatkan waktu luang di sekolah dengan baik, memiliki komitmen untuk berkembang, memiliki sebuah karya, dan melakukan evaluasi.
Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Strategi Guru, Upaya Peserta Didik
A school is declared successful in organizing and achieving educational goals, one of which is evidenced by the existence of achievements, especially the achievements of students, in achieving success and increasing the achievement of students, a school must implement a strategy. The application of the right strategy will have an impact on the success of the school to create outstanding students. This study aims to determine (1) the principal's strategy in improving student achievement at SMA Negeri 1 Bojonegoro, (2) the teacher's strategy in improving student achievement at SMA Negeri 1 Bojonegoro, and (3) the efforts of students in improving student achievement at SMA Negeri 1 Bojonegoro. This research uses a qualitative approach with descriptive methods and case study research design. The data collection techniques used were interviews, observations and documentation studies. Data analysis techniques use data collection, data condensation, data presentation, and conclusion drawing/verification. The data validity test was carried out by testing credibility, transferability, dependability, and confirmability. The results of this study show that (1) the principal's strategy in improving student achievement at SMA Negeri 1 Bojonegoro includes extracurricular development, establishing cooperation, implementing a school literacy program, forming school-wide competition activities, implementing an independent adiwiyata program, providing motivation, rewards and competency development activities aimed at teachers, (2) teacher strategies in improving student achievement at SMA Negeri 1 Bojonegoro include developing varied learning media and methods, active teachers convey competition information, teachers provide intensive guidance to students, (3) students' efforts in improving achievement at SMA Negeri 1 Bojonegoro include studying seriously and being able to divide time, developing and pursuing hobbies, motivating themselves, participating in extracurricular activities at school, joining organizations, communities, and school activities, making good use of free time at school, having a commitment to develop, having a work, and conducting evaluations.
Keywords: Principal Strategy, Teacher Strategy, Learner Efforts