PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO MATERI POKOK CERAMAH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMKN 1 JOMBANG
DEVELOPMENT OF AUDIO MEDIA, THE SUBJECT MATTER OF LECTURES ON INDONESIAN LANGUAGE SUBJECTS IN CLASS XI OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL 1 JOMBANG
Berdasarkan permasalahan yang ada pada SMKN 1 Jombang, kelas XI materi pokok ceramah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti mendapatkan informasi mengenai keadaan nyata yang terjadi pada saat pembelajaran berlangsung. Dalam proses pembelajaran tersebut terdapat masalah yaitu peserta didik terdapat kesulitan belajar dalam menyimak teks ceramah yang disajikan dalam bentuk tulis. Padahal seharusnya peserta didik harus juga dilatih keterampilan menyimak atau mendengarkan. Sehingga peserta didik memiliki kemampuan menganalisis teks berupa simakan (rekaman) khususnya untuk materi teks ceramah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media audio pembelajaran yang layak digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMKN 1 Jombang.
Kelayakan media audio pembelajaran diperoleh dari riview ahli materi, ahli media, peserta didik dengan serangkaian uji coba. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation and Evaliations). Model pengembangan ADDIE ini terdapat lima tahap, yaitu 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation dan 5) Evaluations. Kegiatan pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan angket dan wawancara. Hasil analisis data angket dengan menggunakan pengukuran Skala Gutman. Hasil presentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 90%, presentase dari ahli media sebesar 85% dan uji coba produk terhadap peserta didik memperoleh presentase sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media audio materi pokok ceramah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan rata-rata masuk kedalam kategori 81%-100% dengan kategori “Baik sekali” . Sehingga media audio pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi pokok ceramah mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di SMKN 1 Jombang.
Kata Kunci: Pengembangan, media audio, Bahasa Indonesia
Based on the problems that exist at SMKN 1 Jombang, class XI is the subject matter of lectures on Indonesian Language subjects. Researchers get information about the real situation that occurs when learning takes place. In the learning process, there is a problem, namely students have learning difficulties in listening to the lecture text which is presented in written form. Even though students should also be trained in listening or listening skills. So that students have the ability to analyze text in the form of listening (recording) especially for lecture text material. Therefore, this study aims to produce an audio learning media product that is suitable for use in Indonesian class XI subjects at SMKN 1 Jombang.
The feasibility of learning audio media was obtained from reviews of material experts, media experts, students with a series of trials. This study uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaliations). The ADDIE development model consists of five stages, namely 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation and 5) Evaluations. Data collection activities carried out by researchers using questionnaires and interviews. The results of the questionnaire data analysis using the Gutman scale measurement. The percentage results obtained from material experts were 90%, the percentage of media experts was 85% and product trials on students obtained a percentage of 100%. So it can be concluded that the development of audio media, the subject matter of lectures on Indonesian subjects developed on average, falls into the 81% -100% category with the Very Good category. So that this audio learning media is suitable for use in the learning process on the subject matter of class XI Indonesian language lectures at SMKN 1 Jombang.