ABSTRAK
Asrining Handayani, Cicik . 2021. Pengembangan Media Interaktif Berrbasis
Adobe Flash untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Hasil Belajar pada Materi
Pembagian Waktu di Indonesia Kelas VI SDN Pucang 4 Sidoarjo . Tesis,
Progam Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., dan (II) Dr. M. Turhan
Yani, M.A.
Kata-kata Kunci : Pengembangan media interaktif berbasis Adobe Flash, pembagian waktu di
Indonesia, peningkatan literasi digital dan hasil belajar .
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan literasi
digital dan hasil belajar dengan pengembangan media interaktif berbasis Adobe Flash pada materi pembagian waktu
di Indonesia kelas VI SDN Pucang 4 Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan lima
tahapan dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis (analyze ),
desain (design ), pengembangan (develop ),
implementasi (implement ), dan
evaluasi (evaluate ). Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN
Pucang 4 Sidoarjo dengan kelas kontrol sejumlah 10 peserta didik pada kelas VI B
dan kelas eksperimen sejumlah 32 peserta didik pada kelas VI A. Tahap analisis
diperoleh data dan informasi untuk pengembangan media yang akan dibuat. Selanjutnya
mendesain media yang dikembangkan secara rapi. Pada tahap pengembangan, media
yang telah didesain mendapat validasi dari dosen sebagi ahli media dan materi
sebesar 100% dan 98% dengan kategori sangat valid/sangat layak. Implementasi
media yang dikembangkan pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen menggunakan pretest dan posttest design. Hasil penelitian di kelas eksperimen mendapatkan
data sebagai berikut: (1) kelayakan media selain mendapat penilaian dari para
ahli (dosen) juga mendapat penilaian dari ahli media dan materi di lapangan
sebesar 98% dan 95% dengan kategori sangat valid/sangat layak, (2) media dinyatakan
praktis untuk pembelajaran karena mendapat persentase hasil ketercapaian
pembelajaran 100%, keterlaksanaan pembelajaran mendapat skor 98,82 dan respon
peserta didik mendapat rata-rata persentase sebesar 99,31% dengan kategori sangat baik semua, (3) media ini
dinyatakan efektif untuk meningkatkan literasi
digital yang memperoleh persentase dari respon peserta didik sebesar 97,57%
kategori sangat baik, (4) media juga dinyatakan efektif untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik karena nilai posttest
lebih bagus dari pada nilai pretest
serta dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan t hitung lebih besar dari pada t
tabel.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa
media interaktif berbasis Adobe Flash
materi pembagian waktu di Indonesia sangat layak, praktis dan efektif untuk
meningkatkan literasi digital serta
hasil belajar peserta didik.