Dalam era pemasaran digital saait ini, perusahaan memerlukan strategi rinci agar dapat menarik perhatian konsumen. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kreatifitas pemasaran dan promosi dengan memanfaatkan media sosial. Salah satu bisnis kuliner yang memanfaatkan media sosial instagram sebagai media promosinya yaitu warunk upnormal. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga eksistensi merek di hadapan khalayak luas dengan melakukan social media marketing sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup khalayak di masa kini. Dalam social media marketing, terdapat beberapa aspek yang dapat dilakukan yaitu attraction dengan menyajikan konten visual, convert dengan menarik minat atau konversi dari khalayak, dan transform dengan menunjukkan bukti sosial. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh social media marketing terhadap brand awareness pada followers instagram warunk upnormal. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuisioner berbentuk google form yang disebarkan kepada responden yaitu followers instagram warunk upnormal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa followers Instagram warunk upnormal lebih tertarik dengan pemasaran yang mengandalkan konten visual. Selain itu responden juga memiliki minat untuk mengamati jumlah like dan komentar namun masih belum berminat untuk berperan aktif terhadap unggahan interaktif warunk upnormal. Dapat diketahui juga bahwa responden tertarik dengan kategori makanan kekinian serta mampu mengidentifikasi warunk upnormal sebagai kategori makanan kekinian. Kesimpulan dari penelitian ini ialah dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat pada social media marketing terhadap brand awareness followers instagram warunk upnormal.
Kata Kunci : social media marketing, brand awareness, Instagram
In this digital marketing era, a company must have a detailed strategy so it can attract consumer’s attention, this one can be done by increasing marketing creativity and promotion through social media. One of the culinary business that using social media instagram as a media promotion is warunk upnormal. That strategy is used to maintain the existence of the brand to audiences by building social media marketing according to the needs and the lifestyle of audiences on the past days. There are several aspects that can be used in social media Instagram marketing, attraction by showing visual content, convert to attract audiences’ attention, and transform by showing social review. This study is purposed to determine wether there is an effect of social media marketing on brand awareness of warunk upnormal’s intagram followers. This type of research uses a quantitative approach with survey methods. Data was collected using google form that was distributed to respondents, the respondents in this study is warunk upnormal’s instagram followers. The results of this study is warunk upnormal’s Instagram followers are more interesting to visual content. On the other hand, they likes to observed instagram’s post on the number of its likes and read its comments. In this case, we can conclude that respondents has interest in contemporary food and be able to identificated warunk upnormal as the category of itself. The conclusion in this case is there is a strong effect on social media marketing to brand awareness of warunk upnromal’s instagram followers.
Keyword: social media marketing, brand awareness, instagram