PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “HIRAMARU” (PUZZLE HIRAGANA) UNTUK MEMPELAJARI HURUF HIRAGANA
Pengenalan pembelajaran bahasa Jepang diawali dengan huruf-hurufnya. Dalam bahasa Jepang terdapat berbagai macam huruf yang harus dipelajari, yaitu Romaji, Hiragana, Katakana dan Kanji. Huruf Hiragana sangat penting untuk dipahami agar siswa lebih mudah untuk mempelajari bahasa Jepang. Huruf Hiragana yang terlihat mirip dengan yang lain menjadi salah satu faktor kesulitan untuk mempelajari bahasa Jepang.
Oleh karena itu peneliti mengembangkan media Hiramaru (puzzle Hiragana) untuk mempelajari huruf Hiragana. Proses pengembangan media Hiramaru menggunakan teori pengembangan R&D milik Sugiyono. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan media Hiramaru dan untuk mengetahui kelayakan media Hiramaru berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media. Media Hiramaru adalah media visual puzzle terdiri dari 46 puzzle huruf Hiragana あーん. Setiap puzzle terdapat permainan puzzle, langkah penulisan Hiragana dan huruf Romaji sehingga dapat membantu untuk mempelajari huruf Hiragana.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah berdasarkan perhitungan kelayakan media, ahli media memberikan penilaian 80% sedangkan ahli materi memberikan penilaian 75% yang kemudian disimpulkan berdasarkan skala Likert mendapatkan kategori kuat yang berarti media ini layak untuk digunakan.
Kata kunci: pengembangan media, puzzle, Hiragana
Introduction of learning Japanese begins with the characters. In Japanese there are kinds of characters must be learned, namely Romaji, Hiragana, Katakana, and Kanji. Hiragana is necessary to understand so that it is easier for students to learn Japanese. Hiragana which is similar to others characters are one of the factors difficulty in learning Japanese.
Therefore, the researcher developed Hiramaru (Hiragana puzzle) to learn hiragana. Hiramaru media development proses uses Sugiyono research and development theory. The purpose of this research describes the Hiramaru media's development process and to find the evaluation of material expert and media expert. Hiramaru is a visual puzzle media consisting of 46 hiragana puzzle from あtoん. Every puzzle there is consist a puzzle game, steps to write Hiragana and Romaji so that it can help the students in learning Hiragana.
The result of this development research is based on the feasibility of the media. Media expert gave an assessment of 80%, while material expert gave an assessment of 75% which can be inferred as an strong categories according to Likert scale. This shows that the media is feasible to use.
Keyword: media development, puzzle, hiragana