Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Driyorejo terdapat siswa yang memiliki sikap hormat kepada guru yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan sikap hormat siswa kepada guru sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 siswa yang memiliki sikap hormat yang rendah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sikap hormat siswa kepada guru. Metode analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 20 diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) =0,008. Bila dalam taraf kesalahan 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,008 ≤ 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan dari sikap hormat siswa kepada guru sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Sikap Hormat Siswa
Based on preliminary studies conducted by researchers at SMAN 1 Driyorejo, there are students who have a low level of respect for teachers. This study aims to determine whether there is an increase in students respect for teachers after the application of group guidance with sociodrama technique.
This type of research is quantitative reserch with experimental methods. The form of design used in this study is one group pre-test and post-test design. The subjects in this study were 9 students who had low respect. The data collection instrument used in this study was a scale of students’ respect for teachers. The method of data analysis uses wilcoxon statistical tests.
Based on the research results using Wilcoxon test with the help of SPSS version 20 obtained Asymp values. Sig. (2-tailed) = 0.008. If the error level of 5% is 0.05, it can be concluded that the price of 0.008 ≤ 0.05 which is states that H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is increase in students' respect for teachers after the implementation of group guidance with sociodrama techniques.
Keywords: Group Guidance, Sociodrama Technique, Student Respect