STUDI TENTANG RESILIENSI PESERTA DIDIK KORBAN LABELLING
THE STUDY OF LABELING VICTIM STUDENT'S RESILIENCE
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiliensi peserta didik korban labelling, yang berfokus pada faktor pendukung resiliensi, tahap proses resiliensi, dan dampak labelling terhadap peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah empat peserta didik korban labelling tetapi tetap resilien dan sumber penelitian berasal dari data primer serta skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verivikasi. Temuan dari penelitian ini adalah ke empat subjek penelitian memiliki faktor pendukung resiliensi dan, tahap resiliensi yang dicapai oleh ke empat subjek berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari faktor pendukung resiliensi yang di miliki oleh setiap individunya. Semakin banyak faktor pendukung yang dimiliki, maka akan semakin resilien individu tersebut. Dampak yang terjadi karena labelling berupa dapak psikologis dan emosional serta dampak sosial. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa, resiliensi bagaikan kekuatan dasar yang menjadi pondasi pada diri seseorang dalam menghadapi kesulitan, dengan demikian hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi bagi guru, orang tua maupun peserta didik itu sendiri, sehingga dapat memberikan pandangan mengenai betapa pentingnya memahami dan menerima perbedaan demi terciptanya individu yang resilien dan hubungan sosial yang harmonis.
Kata Kunci : Resiliensi, Peserta Didik, Labelling
Abstract
This research aims to determine the resilience of labeling student victims, which focuses on the factors supporting resilience, the stage of the resilience process, and the impact of labeling on students. This research was conducted through a qualitative approach with a case study design. The subjects of this study were four students who were labeled but remained resilient and the source of the research came from primary and secondary data. Data collection techniques were carried out using questionnaires, interviews, and documentation. While the data analysis is done using data reduction techniques, data presentation, concluding, and verification. This research found that four research subjects have supporting factors for resilience and, the stage of resilience achieved by the four subjects is different. This can be seen from the supporting factors of resilience that are owned by each individual. The more supporting factors they have, the more resilient the individual will be. Impacts that occur due to labeling are psychological and emotional impacts and social impacts. This study illustrates that resilience is like a basic strength which is the foundation of a person is facing difficulties, thus the results of this study can be used as information for teachers, parents, and students themselves, provide insight into the importance of understanding and accepting differences for the creation of resilient individuals and harmonious social relations.
Keywords: Resilience, Students, Labeling