KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP BERKECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, LINGUISTIK, DAN SPASIAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
MATHEMATICAL COMMUNICATION OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS WITH LOGICAL-MATHEMATICAL, LINGUISTIC, AND SPATIAL INTELLIGENCE IN SOLVING PROBLEMS SYSTEM OF TWO VARIABLE LINEAR EQUATIONS
Komunikasi menjadi bagian penting dalam pembelajaran matematika dan perlu dikuasai oleh siswa. Fakta menunjukkan bahwa komunikasi matematika tulis dan lisan siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel masih kurang. Kecerdasan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut. Setiap siswa memiliki kecerdasan yang berbeda, diantaranya logis-matematis, linguistik, dan spasial. Hal ini mengindikasikan bahwa komunikasi matematika tulis dan lisan siswa dengan kecerdasan memiliki keterkaitan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi matematika tulis dan lisan siswa SMP berkecerdasan logis-matematis, linguistik, dan spasial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua siswa kelas VIII-G dan satu siswa VIII-H di SMPN 3 Surabaya dengan tipe kecerdasan yang berbeda dan tingkat kemampuan matematika yang setara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui angket kecerdasan majemuk, tes komunikasi matematika tulis, tes komunikasi matematika lisan, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa logis-matematis menunjukkan proses mengomunikasikan ide matematika secara tulis yaitu menginterpretasikan ide dari masalah matematika, menyatakan situasi atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika, menyusun argumen, dan membuat generalisasi. Siswa logis-matematis juga menunjukkan proses mengomunikasikan ide matematika secara lisan yaitu menginterpretasikan ide dari masalah matematika, menyatakan situasi atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika, dan menyusun argumen. Sedangkan, siswa linguistik menunjukkan proses mengomunikasikan ide matematika secara tulis yaitu menginterpretasikan ide dari masalah matematika dan menyatakan situasi atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika. Siswa linguistik juga menunjukkan proses mengomunikasikan ide matematika secara lisan yaitu menginterpretasikan ide dari masalah matematika, menyatakan situasi atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika, menyusun argumen, dan membuat generalisasi. Untuk siswa spasial menunjukkan proses mengomunikasikan ide matematika secara tulis yaitu menyatakan situasi atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika. Siswa spasial juga menunjukkan proses mengomunikasikan ide matematika secara lisan yaitu menginterpretasikan ide dari masalah matematika, menyatakan situasi atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika, menyusun argumen, dan membuat generalisasi.
Kata Kunci: komunikasi matematika, logis-matematis, linguistik, spasial, dan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)
Communication is an important part of learning mathematics and needs to be mastered by students. The facts show that junior high school students written and oral mathematical communication in the matter of systems of linear equations of two variables is still lacking. Intelligence is one factor that causes it. Each student has different intelligence is logical-mathematical, linguistic, and spatial. This indicates that students written and oral mathematical communication with intelligence is related.
The purpose of this research is to describe the written and oral mathematical communication of junior high school students who have logical-mathematical, linguistic, and spatial. This research is a qualitative descriptive study. The subjects of this study were two students of class VIII-G and one student of VIII-H at SMPN 3 Surabaya with different types of intelligence and equal levels of mathematical ability. The data collection method in this study was through multiple intelligence test, written math communication tests, oral math communication tests, and interviews.
The results showed that students with logical-mathematical demonstrated the process of communicating mathematical ideas in writing, namely interpreting ideas from mathematical problems, expressing everyday situations or events into mathematical models, constructing arguments, and making generalizations. Students with logical-mathematical also show the process of communicating mathematical ideas orally, namely interpreting ideas from mathematical problems, expressing everyday situations or events into mathematical models, and constructing arguments. Meanwhile, students with linguistic show the process of communicating mathematical ideas in writing, namely interpreting ideas from mathematical problems and expressing everyday situations or events into mathematical models. Linguistically students also show the process of communicating mathematical ideas orally, namely interpreting ideas from mathematical problems, expressing everyday situations or events into mathematical models, constructing arguments, and making generalizations. For students with spatial, it shows the process of communicating mathematical ideas in writing, namely expressing everyday situations or events into mathematical models. Students with spatial intelligence also show the process of communicating mathematical ideas orally, namely interpreting ideas from mathematical problems, expressing everyday situations or events into mathematical models, constructing arguments, and making generalizations
Keywords: mathematical communication, logical-mathematical, linguistic, spatial, and a system of two-variable linear equations (SPLDV)