Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
RiasPedia sebagai Aplikasi Rekomendasi Jasa Tata Rias dengan Metode Fuzzy Tahani
Kode Dokumen
:
0057/FT-TI/2022
Penulis Utama
:
WAHYU PRASETYO
NIM Penulis Utama
:
18051204076
Tahun
:
2022
Judul ID
:
RiasPedia sebagai Aplikasi Rekomendasi Jasa Tata Rias dengan Metode Fuzzy Tahani
Judul EN
:
RiasPedia an Application for Makeup Services with Fuzzy Tahani Method
Sumber
:
UNESA - Fakultas Teknik - Jurusan S1 Teknik Informatika - 18051204076 - 2022
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Perkembangan bisnis jasa tata rias saat ini sangat berkembang pesat dengan adanya teknologi sebagai sarana penunjang bisnis. Hal ini membuat persaingan bisnis dibidang tersebut menjadi lebih banyak. Dengan adanya banyak penyedia jasa tata rias yang menawarkan jasa membuat konsumen bingung dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan kriteria yang diinginkan seperti lokasi, harga dan ulasan dari konsumen lain yang pernah mendapatkan pelayanan. Penyedia jasa yang baik tentunya memiliki pelayanan yang baik kepada konsumen terutama dalam hal kenyamanan, dan harga yang lebih terjangkau yang membuat daya tarik tersendiri. Dalam mengetahui kualitas penyedia jasa tertentu, konsumen biasanya lebih memperhatikan ulasan dan skor rating dari konsumen yang pernah menggunakan jasa yang lebih dulu akan tetapi terkadang konsumen belum bisa memastikan secara keseluruhan dari rating yang diberikan dalam suatu aplikasi. Dengan permasalahan tersebut penelitian ini memberikan alternatif solusi yang berguna dalam menentukan penyedia jasa tata rias sesuai kriteria dengan Fuzzy Tahani dan menggunakan pendekatan analisis sentimen terhadap suatu ulasan yang positif atau negatif, data kriteria diolah untuk mendapatkan hasil data yang direkomendasikan kepada calon konsumen. Data yang disajikan memiliki nilai fire strength atau tingkat kesesuaian kriteria dengan berkisar antara 0 (nol) sampai dengan angka 1 (satu) sangat sesuai. Tujuan dalam penelitian ini adalah menerapkan logika fuzzy tahani dalam membantu memberikan rekomendasi penyedia jasa tata rias kepada konsumen sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil akhir penelitian ini adalah aplikasi RiasPedia yang memberikan rekomendasi dan membantu pengambilan keputusan dalam memilih penyedia jasa tata rias.
Abstrak EN
:
Development of the makeup service business is currently growing rapidly with the existence of technology as a means of supporting business. This makes business competition in this field more and more. With many makeup service providers offering services, consumers are confused in determining the right choice according to the desired criteria such as location, price and reviews from other consumers who have received service. A good service provider certainly has good service to consumers, especially in terms of convenience, and a more affordable price that makes its own attraction. In knowing the quality of certain service providers, consumers usually pay more attention to reviews and rating scores from consumers who have used the service first, but sometimes consumers cannot be sure of the overall rating given in an application. With these problems, this research provides an alternative solution that is useful in determining the make-up service provider according to the criteria with Fuzzy Tahani and using a sentiment analysis approach to a positive or negative review, the criteria data is processed to obtain data results that are recommended to potential consumers. The data presented has a fire strength value or level of conformity with criteria ranging from 0 (zero) to the number 1 (one) very suitable. The purpose of this research is to apply the fuzzy logic of resistance in helping to provide recommendations for make-up service providers to consumers according to predetermined criteria. The final result of this research is the RiasPedia application which provides recommendations and helps decision making in choosing a makeup service provider.
Link Artikel
File Abstrak
File Lampiran