Numerasi Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Setara AKM pada Subdomain Persamaan dan Pertidaksamaan Berdasarkan Kemampuan Matematika
Numeracy of Eighth Grade Students in Solving AKM-Like Problems in Equations and Equalities Subdomain Based on Mathematical Ability
Numerasi adalah kemampuan untuk menemukan, menggunakan, menafsirkan, mengevaluasi, dan mengomunikasikan informasi dan ide matematika pada konteks kehidupan sehari-hari. Indikator numerasi dalam penelitian ini mengacu pada proses numerasi, yaitu proses menemukan, proses menggunakan, proses menginterpretasi, proses mengevaluasi, dan proses mengomunikasikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan numerasi siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal setara AKM pada subdomain persamaan dan pertidaksamaan berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII yang terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang, dan satu siswa berkemampuan matematika rendah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan matematika, tes numerasi, dan wawancara. Hasil tes kemampuan matematika digunakan untuk menentukan subjek penelitian. Hasil tes numerasi dianalisis dengan memperhatikan indikator numerasi. Kemudian, hasil wawancara dianalisis dengan tahap penyajian data, kondensasi data, dan kesimpulan.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini sebagai berikut. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi menyajikan informasi yang diperoleh kedalam bentuk persamaan dan pertidaksamaan, menggunakan aturan dan prosedur matematika pada persamaan dan pertidaksamaan, menginterpretasi hasil pada konteks masalah, mengevaluasi hasil pemecahan masalah melalui permisalan, dan mengomunikasikan hasil interpretasinya kepada orang lain baik secara lisan maupun tertulis secara tepat. Siswa dengan kemampuan matematika sedang menyajikan infomasi yang diperoleh kedalam bentuk persamaan dan pertidaksamaan dan melakukan prosedur dan aturan persamaan dan pertidaksamaan dalam menyelesaikan masalah secara tepat. Namun, siswa dengan kemampuan matematika sedang menginterpretasi dan mengomunikasikan hasil interpretasi secara kurang tepat, serta mengevaluasi hasil dengan cara menghitung ulang. Siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak menyajikan infromasi kedalam bentuk persamaan dan pertidaksamaan, juga tidak menggunakan prosedur dan aturan persamaan dan pertidaksamaan dalam menyelesaikan masalah. Interpretasi dan komunikasi hasil interpretasi siswa dengan kemampuan matematika rendah juga tidak tepat, serta tidak mengevaluasi hasil pemecahan masalah.
Numeracy is the ability to locate, use, interpret, evaluate, and communicate mathematical information and ideas in the real context. Numeracy indicators in this study refer to the numeracy process, namely the process of locating, using, interpreting, evaluating, and communicating.
This study purpose to describe the numeracy of eighth grade students in solving AKM-like problems in equations and inequalities subdomain based on high, medium, and low mathematical abilities. The research subjects were eighth grade students consisting of one student with high mathematical ability, one student with medium mathematical ability, and one student with low mathematical ability.
The research method used in this research is descriptive qualitative. Data was collected using mathematical ability tests, numeracy tests, and interviews. Mathematical ability test results are used to determine research subjects. Numeracy test results are analyzed by taking into account the numeracy indicators. Then, the results of the interviews were analyzed by presenting data, condensing data, and concluding.
Based on the analysis that has been done, the results of this study are as follows. Student with high mathematical abilitiy presented the information obtained in the form of equations and inequalities, used mathematical rules and procedures on equations and inequalities, interpreted the results in the context of the problem, evaluated the results of problem solving through supposed, and communicated the results of their interpretation to others both orally and writing appropriately. Student with moderate mathematical ability presented the information obtained in the form of equations and inequalities and used procedures and rules of equations and inequalities in solving problems appropriately. However, student with moderate mathematical ability interpreted and communicated the interpretation results inaccurately, and also evaluated the results by recalculating. Student with low mathematical ability did not present information in the form of equations and inequalities, nor he\she used procedures and rules of equations and inequalities in solving problems. Interpretation and communication of interpretation results of student with low mathematical ability were also not appropriate, and he\she did not evaluate the results of problem solving.