PENGARUH CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN MOTOR BAJAJ PULSAR (Pada Konsumen Di Komunitas Motor Pulsar)
THE EFFECT OF BRAND IMAGE AND PRODUCT DESIGN ON THE DECISION OF USE OF PULSAR STEEL MOTORS (IN PULSAR MOTOR COMMUNITIES)
Penelitian ini dilatar belakangi alasan pengguna motor bajaj yang masih setia menggunakan pada produk bajaj pulsar di kalangan komunitas pulsarian ditengah persaingan para produsen yang bersaing di pasar Indonesia. Penelitiangini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan desain produk terhadap keputusan penggunaan motor bajaj pulsar.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota komunitas pulsar yaitu PROV dab P1CS yang berjumlah 70. Sampel menggunakan teknik probability sampling jenis simple Random Sampling. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer sebagai sumber data yang diperoleh dari hasil angket. Metode analisis dalam penelitian ini adalah alisis regresi berganda, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokesdastisitas, serta uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) variabel citra merek berpengaruh positif dengan keputusan penggunaan motor bajaj pulsar dilihat dari perhitungan uji t yang menghasilkan angka 3,611 dengan nilai signifiksansi sebesar 0,000<0,05 (2) variabel desain produk berpengaruh positif dengan keputusan penggunaan motor bajaj pulsar dilihat dari perhitungan uji t yang menghasilkan angka 1,164 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, (3) variabel citra merek dan desain produk berpengaruh positif dengan keputusan penggunaan motor bajaj pulsar dilihat dari analisis regresi uji F diperoleh persamaan Y = 4,522 + 0.158X1+ 0.200X2. Angka R square sebesar bahwa 46,5 persen keputusan penggunaan dapat dijelaskan oleh variabel citra merek dan desain produk. Sedangkan 64,5 persen dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Citra Merek, Desain Produk, Keputusan penggunaan
This research is motivated by the reasons why Bajaj motorcycle users are still loyal to use pulsar bajaj products among pulsarian communities amid competition from producers competing in the Indonesian market. This research aims to determine the effect of brand image and product design on the decision to use pulsar bajaj motors.
The population in this study were all members of the pulsar community PROV and P1CS, which numbered 70. The sample used probability sampling techniques of simple Random Sampling. In this study using a quantitative approach with primary data as a source of data obtained from the results of questionnaires. The analysis method in this study is multiple regression analysis, validity and reliability test, classic assumption test consisting of normality test, multicollinearity test, heterokesdasticity test, and hypothesis test
The results of this study indicate that (1) the brand image variable has a positive effect on the decision to use the bajaj pulsar motor seen from the calculation of the t test which produces 3,611 with a significance value of 0,000 <0,05 (2) product design variables have a positive effect on the decision to use bajaj pulsar is seen from the calculation of the t test which produces 1.164 with a significance value of 0.000 <0.05, (3) the brand image variable and product design have a positive effect on the decision to use the bajaj pulsar motor seen from the regression analysis F test obtained by the equation Y = 4,522 + 0.158 X1 + 0.200X2. The R square number is equal to that 46.5 percent of the use decision can be explained by the variable brand image and product design. While 64.5 percent can be explained by other causes not examined in this study.
Keywords: Brand Image, Product Design, Use Decision