THE INFLUENCE OF HEDONIC SHOPPING MOTIVATION AND SALES PROMOTION ON IMPULSE BUYING STUDY ON CONSUMERS OF LIVE STREAMING FASHION SHOPPE PRODUCTS
Shopee live merupakan fitur video live streaming dimana penjual dapat berjualan dan berinteraksi langsung dengan pembeli menggunakan platform Shopee Live streaming. shopee membantu konsumen untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai suatu produk yang akan dibeli. sehingga konsumen dapat lebih obyektif dan puas terhadap informasi dalam mengambil keputusan pembelian. Menurut salah satu lembaga survei, pada tahun 2023 masyarakat akan cenderung berbelanja melalui live streaming, hal ini disebabkan dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada masa pandemi, hampir setiap hari masyarakat mengakses e-commerce untuk berbelanja. Salah satu kanal live streaming yang paling banyak disukai orang adalah Shopee live. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying (studi pada konsumen Produk Fashion Shopee Live Streaming) Untuk menganalisis dan membahas pengaruh, Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying (studi pada konsumen Produk Fashion Shopee Live Streaming) jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 200 orang. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS25 dan hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying (studi pada konsumen Produk Fashion Shopee Live Streaming)
Shopee live is a live streaming video feature where sellers can sell and interact directly with buyers using the Shopee platform. Shopee live streaming helps consumers to find out more detailed information about a product to be purchased. so that consumers can be more objective and satisfied with information in making purchasing decisions. According to one survey institution, in 2023, people will tend to shop via live streaming, this is due to the implementation of Community Activity Restrictions (PPKM), almost every day people access e-commerce to shop. One of the live streaming channels that people like the most is Shopee live. This research aims to analyze and discuss the influence of hedonic shopping motivation on consumer impulse buying of fashion products on Shpee live streaming. To analyze and discuss the influence of sales promotion on consumer impulse buying of fashion products on Shpee live streaming, this type of research uses a quantitative approach. The sample used in this research was non-probability sampling with a purposive sampling method. The number of research being 200 people. The data was analyzed using multiple linear regression using SPSS25 and the results showed that there was an influence of Hedonic shopping motivation and sales promotion on impulse buying in the study of fashion product consumers on Shopee live streaming consumers.