Project based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan cara membuat karya atau proyek yang terkait dengan materi ajar dan kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik. Penerapan pembelajaran Project Based Learning mendorong tumbuhnya kreativitas, kemandirian, tanggung jawab, kepercayaan diri, serta berfikir kritis analitis pada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran project based learning, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menerapkan model pembelajaran project based learning, dan untuk mengetahui kreativitas siswa pembuatan packaging busana.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental design dengan menggunakan rancangan the one group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah kelas XI Desain Fesyen di SMK Negeri 1 Buduran sebanyak 36 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis data aktivitas guru, aktivitas guru, dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pembelajaran project based learning mendapat rata-rata 87,78% dengan kategori baik. Aktivitas siswa mendapat rata-rata 96,89% dengan kategori sangat baik. Ketercapaian ketuntasan belajar siswa dengan nilai skor rata-rata pre test 73,33, hasil post test 94,77 dan hasil tes psikomotor 89,17. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran pengembangan bisnis busana kelas XI Desain Fesyen di SMK Negeri 1 Buduran.
Project based learning is one of the learner-centered learning models by making work or projects related to teaching materials and competencies expected by students. The application of Project Based Learning learning encourages the growth of creativity, independence, responsibility, confidence, and analytical critical thinking for students. The purpose of this study is to find out the teacher's activities in applying the project based learning learning model, to find out the activities of students in applying project based learning learning models, and to find out the creativity of students making fashion packaging.
This research is a kind of pre-experimental design research using the one group pretest-posttest design. The subjects of this study were class XI as many as 36 fashion designs at SMK Negeri 1 Buduran. The instruments used are observation sheets and test sheets. The data collection method used is the method of observation and test of learning outcomes. Data analysis techniques use technical analysis of teacher activity data, teacher activities, and test results.
The results of the study showed that the activity of teachers in project based learning got an average of 87.78% in the good category. Student activities get an average of 96.89% with very good categories. Achievement of student learning completeness with the average score of pre test 73.33, post test results 94.77 and psychomotor test results 89.17. So that it can be concluded that the application of the Project based Learning learning model can enhance students' creativity in the development subjects of the XI class of fashion business in Fashion Design at SMK Negeri 1 Buduran.