PENGARUH EVALUASI PROGRAM BIDIKMISI TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PRODI S1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
THE INFLUENCE OF BIDIKMISI SCHOLARSHIP EVALUATION ON COMPTENCIES OF UNDERGRADUATE STATE ADMINISTRATION STUDENTS, UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Bidikmisi merupakan salah satu program kebijakan di bidang pendidikan berupa pemberian beasiswa terhadap calon mahasiswa dengan prestasi baik namun memiliki keterbatasan ekonomi. Dilaksanakan sejak 2010 secara nasional, program bidikmisi bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di lembaga pendidikan tinggi, meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, menjamin keberlangsungan studi selesai tepat waktu, meningkatkan prestasi di berbagai bidang, menyediakan lulusan yang mandiri dan produktif, serta membawa pengaruh positif bagi mahasiswa lain untuk meningkatkan prestasi dan semangat kompetitif. Namun meski manfaat bidikmisi bagi para penerimanya begitu besar terdapat beberapa masalah yang membuat tujuan-tujuan bidikmisi tidak dapat tercapai sepenuhnya. Mulai dari penerima bidikmisi yang tidak dapat menyelesaikan studinya tepat waktu, motivasi belajar yang rendah dan hanya meningkat ketika nilai mendekati syarat minimal beasiswa, hingga tingkat keaktifan partisipasi dalam berbagai bidang yang cenderung minim. Masalah ini juga muncul di prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Surabaya, yangmana menjadi salah satu prodi dengan mahasiswa bidikmisi yang aktif dalam kegiatan organisasi dan lomba akademik dalam jumlah cukup banyak. Masalah-masalah tersebut seperti kurangnya minat mahasiswa dalam menoreh prestasi kokurikuler atau ekstrakurikuler tertentu, serta motivasi belajar dan prestasi akademis yang cenderung minim. Untuk itulah penelitian ini dilakukan dengan tujuan menguji pengaruh evaluasi program bidikmisi terhadap kompetensi mahasiswa prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNESA.
Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Sampel penelitian ini berjumlah 68 orang yang terdiri atas mahasiswa aktif prodi S1 Ilmu Administrasi Negara UNESA mulai dari angkatan 2016 hingga angkatan 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan 2 variabel yakni variabel evaluasi program bidikmisi selaku variabel independen dan variabel kompetensi mahasiswa sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel evaluasi program bidikmisi memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kompetensi mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dan uji F, di mana nilai t hitung didapat sebesar 8,663 dengan p-value sebesar 0,000. Nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, atau sig. < 0,05 dengan rincian 8,663 > 1,668 atau 0,000 < 0,05. Karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau nilai signifikan yang didapat lebih kecil dari 5% maka Ho diterima. Ada pun hasil dari uji F menunjukkan nilai F hitung jauh lebih besar daripada nilai F tabel (75,054 > 3,98) dan nilai sigfnikansi 0,000 yangmana lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Variabel independen dapat dinyatakan berpengaruh simultan terhadap variabel dependen bila nilai signifikansi kurang dari taraf signifikan, sehingga dapat diartikan bahwa variabel evaluasi program bidikmisi berpengaruh terhadap variabel kompetensi mahasiswa.
Kata Kunci: Evaluasi Program Bidikmisi, Kompetensi Mahasiswa, Beasiswa.
Bidikmisi is one of the policy programs in education field in the form of scholarships for prospective students with good performance but economic limitations. Implemented since 2010 on national scale, bidikmisi program aims to increase the access and opportunities to learn in higher education institutions, improves motivation to study and personal achievement of chosen students, study continuity guarantee and on-time study completion, improves the students’ achievement in various fields, provide graduates who are self-sufficient and productive, also brings positive effect on other students to improve their GPA and competition spirit. However despite bidikmisi program has great benefits for its recipients, there are some problem arises that makes the goal seems unachievable completely. For example: the recipient of bidikmisi scholarships who are unable to finish their studies in four years; the low motivation to study, which only improved when the student’s mark are approaching the minimum requirements; and the low participation rate in various fields for most students. Said problems also appeared at Undergraduate State Administration Program from Universitas Negeri Surabaya, one of many course with quite numbers of bidikmisi recipient-students who are actively work on clubs or organization and join academic competition. That is why this research carried out with the goal to examine the influence of bidikmisi scholarship evaluation on competencies of Undergraduate State Administration Students from Faculty of Social Science and Law, Universitas Negeri Surabaya.
The type and research approaches used here are associative quantitive research. The sample for this research are 68 active student from first year to fourth year of UNESA’s undergraduate state administration program, using saturated sampling technique. There are two variables used in this research, namely variable of bidikmisi’s evaluation as independent variable and variable of student’s competency as dependent variable. The result of this research showed that variable of bidikmisi evaluation are influencing variable student’s compentency. Said conclusion are drawn from the result of t-test and F-test, which t calculated value equal to 8,663 while p-value equal 0,000. The value of t calculated is greater than t table value (8,663 > 1,668), or sig. (p value) amount less than significant level 5% (0,000 < 0,05), therefore Ho is received. The F test showed that the value of F calculated is much greater than value of F table (75,054 > 3,98) with significant value equal to 0,000 which is less than significant level 5% (0,000 < 0,05). Since the significant value is less than significant level, consequently the independent variable, bidikmisi evaluation is stated to be simultantly influencing on dependent variable, student competency.
Keyword: Bidikmisi Evaluation, Student Competency, Scholarships.