Basa Humor Sajrone Akun Media Sosial Ketawa.com (Tintingan Pragmatik)
Penelitian di bidang bahasa khususnya komunikasi sangat beragam, salah satunya adalah penelitian mengenai Bahasa humor yang digunakan di social media. Objek dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah postingan dari akun media social Ketawa.com, data pada akun tersebut berupa kalimat. Penelitian ini akan diteliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan di analisis menggunakan studi pragmatic. Keseluruhan data yang ditemukan pada penelitian ini berjumlah 16 data. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menjelaskan (1) unsur pembangun humor dalam media social ketawa.com (2) penyimpangan prinsip kerjasama dan penyimpangan prinsip kesopanan di dalam media social ketawa.com. Penelitian ini menghasilkan aspek ketaksanaan bahasa yang menjadi unsur pembangun humor yaitu pantun dan singkatan, yang kedua ditemukan 3 penyimpangan prinsip kerjasama yaitu penyimpangan maksim kuantitas, penyimangan maksim kerjasama, dan penyimpangan maksim pelaksanaan. Dalam penyimpangan kesopanan juga ditemukan 3 jenis yaitu penyimpangan maksim kebijaksanaan, penyimpangan maksim penerimaan, dan penyimpangan maksim kecocokan.
Kata Kunci: Bahasa humor, pragmatik, ketawa.com
The subject of language study, specifically in communication study, covers a wide range of topics, one of which is research on the language of humor used in social media. The study's objects and data sources were postings from the Ketawa.com social media account, which include data in the form of words. This research was conducted qualitatively and descriptively, and analyzed using pragmatic study. This study collected a total of 16 data points. This research was aimed to identify (1) the components of humor in Ketawa.com social media and (2) the Violations of the concept of cooperation and the principle of politeness on Ketawa.com social media. This research resulted in the imprecision aspects of language that serve as the foundation for humor, namely rhymes and abbreviations, the second result discovered three violations from the principle of collaboration, namely violations from the quantity maxim, cooperation maxim, and implementation maxim. Additionally, there were three types of politeness violations, namely violations from the wisdom maxim, violations from the acceptance maxim, and deviations from the compatibility maxim.
Keywords: humorous language, pragmatic, ketawa.com