PENGARUH KUALITAS KONTEN, JUMLAH PENGIKUT DAN RATING TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM E-COMMERCE
THE INFLUENCE OF CONTENT QUALITY, NUMBER OF FOLLOWERS AND STORE RATINGS ON PURCHASING DECISIONS ON E-COMMERCE PLATFORMS
E-commerce mengacu pada proses melakukan penjualan dan
transaksi menggunakan sarana elektronik. Shopee, Tokopedia,
dan Lazada adalah platform e-commerce populer yang sering
digunakan oleh masyarakat umum. Salah satu aspek penting
yang perlu dipertimbangkan dalam promosi kontemporer adalah
pemanfaatan media sosial. Konten berfungsi sebagai perantara
untuk mengirimkan informasi di internet. Bahan yang menarik
memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan dampak
kualitas konten, jumlah pengikut, dan rating toko terhadap
keputusan pembelian yang dibuat pada platform e-commerce.
Penelitian ini menggunakan penelitian kausal dengan metode
kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah Seluruh Warga
Kota Surabaya yang berusia diatas 17 tahun yakni sebanyak
887.223 orang dengan metode pengambilan sampelnya
menggunakan non-probabilitas sejumlah 120 responden. Teknik
dalam mengolah data memakai program SPSS versi IMB 24. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Variabel Kualias Konten (X1)
secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian (Y) pada platform e-commerce sehingga H1 diterima.
v
Variabel jumlah followers (X2) secara parsial berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada platform
e-commerce sehingga H2 diterima. Variabel rating toko secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian (Y) pada platform e-commerce sehingga H3 diterima.
Variabel kualitas konten (X1), variabel jumlah followers (X2), dan
variabel rating toko (X3) secara bersama – sama (simultan)
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada
platform e-commerce.
Kata kunci: Kualitas Konten; Jumlah Pengikut, Rating Toko
E-commerce is a sale made through electronic media. E-commerce that is
often used by the public is Shopee, Tokopedia and Lazada. The main
thing that needs to be considered in promotion in today's era is one of
them by using social media. Content is a medium for conveying
information that is conveyed through the internet. With interesting
content can create a purchase decision. This study aims to determine the
influence of content quality, number of followers and store ratings on
purchase decisions on e-commerce platforms. This study uses causal
research with a quantitative method. The population of this study is all
Surabaya City Residents over 17 years old, namely 887,223 people with
the sampling method using non-probability of 120 respondents. The
technique in processing data uses the IMB 24 version of the SPSS
program. The results show that the Content Qualitative Variable (X1)
partially has a significant effect on the purchase decision (Y) on the e-
commerce platform so that H1 is accepted. The variable number of
followers (X2) partially had a positive and significant effect on the
purchase decision (Y) on the e-commerce platform so that H2 was
accepted. The store rating variable partially had a positive and
significant effect on the purchase decision (Y) on the e-commerce
platform so that H3 was accepted. The content quality variable (X1), the
number of followers variable (X2), and the store rating variable (X3)
together (simultaneously) have a significant effect on purchase decisions
on e-commerce platforms.
Keywords: Content Quality; Number of Followers, Store Rating