ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN
ANALYSIS OF THE DIFFICULTY OF LEARNING MATHEMATICS ON ALGEBRA MATERIALS FOR CLASS VII SMP FROM SEX DIFFERENCES
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar pada materi aljabar kelas VII dari perbedaan jenis kelamin. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa SMP kelas VII dengan jenis kelamin laki laki dan perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tulis materi aljabar, dan melakukan wawancara pada siswa terkait pengerjaan tes tulis yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa laki laki memiliki kesulitan lebih banyak dari pada siswa perempuan. Siswa laki laki tidak mengalami kesulitan ketika memecahkan soal dengan penyelesaiaan yang membutuhkan penetapan bentuk variabel tetapi memiliki kesulitan saat mengemukakan konsep mengelompokkan suku suku yang sejenis dalam bentuk aljabar, memiliki kesulitan ketika menggunakan prinsip mengoperasikan bentuk aljabar dan mecari nilai suatu variabel. Sedangkan siswa perempuan tidak kesulitan ketika mengemukakan konsep mengelompokkan suku suku yang sejenis dalam bentuk aljabar, menggunakan prinsip mengoperasikan bentuk aljabar dan mencari nilai suatu variabel, tetapi mengalami kesulitan ketika memecahkan soal dengan penyelesaiaan yang membutuhkan penetapan bentuk variabel karena siswa perempuan merasa kebingungan saat mengerjakan langkah selanjutnya sehingga tidak mengerjakan soal hingga selesai.Kata kunci : Kesulitan belajar, matematika aljabar, jenis kelamin
This study aims to describe learning difficulties in the seventh grade algebra material in terms of gender differences. The type of research method used in this research is descriptive qualitative. The research subjects consisted of two male and female seventh grade junior high school students. The data collection method used a written test of algebraic material and conducted interviews with students regarding the written test carried out. This study shows that male students have more difficulties than female students. male students have no difficulty in solving problems with solutions that require determining the form of variables but have difficulty expressing the concept of grouping similar terms in algebraic form. He also had difficulty using the operating principles of algebraic forms and finding algebraic values. Variable. Meanwhile, female students have no difficulty in expressing the concept of grouping similar tribes in algebraic form. He also uses the principle of operation of algebraic forms and can find the value of a variable but has difficulty solving problems with solutions that require assigning the form of the variable because female students feel confused when working on the next step so they dont work on the problem until its finished.Keywords: Learning difficulties, algebraic mathematics, gender