Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui implementasi model pembelajaran diskusi tipe beach ball dengan strategi mind mapping pada materi ikatan kimia kelas X. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pra-eksperimen dengan one group pretest posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi (keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa), lembar penilaian (mind map dan pretest posttest), dan lembar angket (respon siswa). Penelitian berlangsung selama tiga kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan perolehan rata-rata tiap pertemuan dengan kategori sangat baik. 2) aktivitas siswa yang paling dominan pada pertemuan pertama adalah siswa memperhatikan penjelasan guru sebesar 39,23%, pertemuan kedua adalah siswa melakukan diskusi sebesar 26,59% dan ketiga siswa melakukan diskusi sebesar 28,95%. 3) keterampilan berpikir kreatif siswa dalam membuat mind mapping terdapat dalam beberapa kategori yaitu 79% siswa mendapatkan keterampilan berpikir kreatif tingkat 4 (sangat kreatif) dan 21% siswa mendapatkan tingkat 3 (kreatif). Sedangkan tingkat kreatif untuk soal uraian mendapatkan tingkat 4 (sangat kreatif). 4) hasil belajar menunjukkan nilai siswa mengalami peningkatan dalam penguasaan konsep sebanyak 100% dengan kriteria tinggi, membuat mind mapping sebanyak 97% siswa mengalami peningkatan nilai dengan kategori tinggi sedangkan 3% siswa lainnya mengalami kenaikan nilai dengan kategori sedang. 5) implementasi model pembelajaran diskusi tipe beach ball dengan strategi mind mapping mendapatkan respon baik dari siswa dengan rata-rata persentase respon positif sebesar 83,76%.
Kata Kunci: Mind Mapping, Beach Ball, Ikatan Kimia
This study aimed to train student creative thinking skills through the implementation of beach ball type discussion learning model with mind mapping strategy in class X on chemical bond matter. The method of this research used pre-experimental with one group pretest posttest design. Instruments used observation sheets (implementation of learning activity and student activity), assessment sheets (mind map and pretest posttest), and questionnaire sheets (student responses). The implementation conducted in three meeting. Data analysis technique used quantitative and qualitative. The result of this research showed that: 1) the percentage result of the implementation of learning activity in every meeting was in very good category, 2) the dominant student activity in the first meeting, students paid attention to the teachers explanation of 39.23%, the second meetings, students had discussions of 26.59% and the third, students had discussions of 28.95%, 3) the creative thinking skill to create mind mapping had different category, 79% in very creative (state 4) category and 21% in creative (state 3) category. Meanwhile in the task they had in very creative category, 4) the learning outcome showed that the creativity increased 100% in concept (high category) and mind mapping 79% in high category meanwhile the other 3% in medium category, 5) good response from students with an average percentage of positive responses as 83.76%.
Keywords: Mind Mapping, Beach Ball, Chemical Bond