Meningkatkan Ketepatan Waktu Penyelesaian Penulisan Skripsi Melalui Keterlibatan Mahasiswa dengan Umpan Balik Pembimbing
Promoting the Timeliness of Undergraduate Thesis Writing Completion Through Student Engagement with Supervisory Feedback
Syafi’i, Ahmad. 2024. Promoting the Timeliness of Undergraduate Thesis Writing Completion through Student Engagement with Supervisory Feedback. Dissertation. Language Education and Literature Post Graduate Program State University of Surabaya. Promoter (1) Ahmad Munir, M.Ed., Ph.D., and Co-promoter (2) Syafi’ul Anam, Ph.D.
Keywords : keterikatan siswa, umpan balik pembimbingan, penulisan skripsi
Umpan balik dari dosen pembimbing memainkan peran yang sangat penting dalam penulisan skripsi. Namun demikian, keterikatan mahasiswa dalam proses ini sangat menentukan penyelesaian penulisan skripsi yang tepat waktu. Penelitian ini memiliki enam tujuan utama: untuk mengetahui (1) jenis umpan balik pembimbing yang diterima oleh mahasiswa selama penulisan skripsi, (2) modus umpan balik pembimbing yang diterima oleh mahasiswa selama penulisan skripsi, (3) bagaimana jenis dan modus pembimbing berkontribusi pada keterlibatan mahasiswa, (4) strategi pembimbing yang paling efektif untuk mendorong keterlibatan mahasiswa dalam menerima umpan balik pembimbing, (5) bagaimana keterlibatan mahasiswa dalam menerima umpan balik pembimbing, dan (6) bagaimana keterlibatan mahasiswa dalam mendorong ketepatan waktu penyelesaian penulisan skripsi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus yang menggunakan berbagai sumber data yang mencakup analisis dokumen (bukti tekstual dari umpan balik terhadap draf tesis lima mahasiswa), kuesioner, protokol think aloud, dan wawancara mendalam. Partisipan penelitian ini adalah lima mahasiswa yang telah menyelesaikan penulisan tesis tepat waktu dan lima dosen pembimbing.
Temuan ini menunjukkan bahwa umpan balik direktif merupakan jenis umpan balik yang paling sering diterima oleh mahasiswa selama penulisan tesis. Sedangkan kombinasi antara pembimbingan tatap muka dan daring menjadi cara yang paling sering digunakan oleh dosen pembimbing skripsi. Umpan balik berupa motivasi, pertanyaan dan saran telah diakui sebagai jenis umpan balik pembimbingan yang mendorong keterikatan mahasiswa. Sementara itu, memberikan umpan balik yang memotivasi, spesifik, disesuaikan, personal, dan kritis, memberikan supervisi yang kolaboratif dan terstruktur, serta menciptakan lingkungan yang terbuka merupakan strategi dosen pembimbing yang paling efektif dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses supervisi. Lebih lanjut, penelitian ini mengungkapkan bahwa semua mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini secara afektif, kognitif, dan perilaku terlibat dengan umpan balik supervisi yang mereka terima selama proses penulisan tesis. Pada akhirnya, mereka semua dapat menyelesaikan penulisan tesis tepat waktu. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam hal partisipan dan ruang lingkup penelitian. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut dengan lebih banyak partisipan dan konteks yang lebih luas disarankan untuk dilakukan.
Disarankan agar para supervisor dilatih terutama dalam memberikan umpan balik yang memotivasi, spesifik, dan personal yang mendorong keterlibatan mahasiswa. Selain itu, para pembimbing juga harus dilatih tentang cara memanfaatkan pendekatan kolaboratif dalam pengawasan tesis seperti revisi dokumen digital dan diskusi terbuka untuk mendorong keterlibatan yang lebih dalam dengan umpan balik dari pembimbing dan mendorong penyelesaian penulisan tesis yang tepat waktu. Selain itu, mengembangkan kerangka kerja untuk umpan balik pengawasan tesis yang efektif sangat dianjurkan. Kerangka kerja ini harus mencakup berbagai jenis umpan balik (referensial, direktif, ekspresif), cara penyampaian (kolaboratif, tatap muka, digital), dan domain keterlibatan mahasiswa (afektif, kognitif, dan perilaku).
Syafi’i, Ahmad. 2024. Promoting the Timeliness of Undergraduate Thesis Writing Completion through Student Engagement with Supervisory Feedback. Dissertation. Language Education and Literature Post Graduate Program State University of Surabaya. Promoter (1) Ahmad Munir, M. Ed., Ph.D., and Co-promoter (2) Syafi’ul Anam, Ph.D.
Keywords: student engagement, supervisory feedback, thesis writing
Supervisory feedback plays a very important role in thesis writing. Nevertheless, the student engagement with it significantly determines the timely thesis writing completion. This research has six main objectives: to find out (1) types of supervisory feedback received by undergraduate students during thesis writing, (2) modes of supervisory feedback received by undergraduate students during thesis writing, (3) how types and modes of supervisory contribute to students’ engagement, (4) the most effective supervisors’ strategies to promote students’ engagement with supervisory feedback, (5) how students engage with supervisory feedback, and (6) in what way the students’ engagement promotes the timeliness of thesis writing completion.
This is qualitative research employing a case study design that used multiple sources of data including document analysis (textual evidence of feedback on fives students’ drafts of the thesis), questionnaires, think-aloud protocol, and in-depth interviews. The participants of the study were five students who had completed their thesis writing timely and five lecturers who had supervised them.
The findings indicate that directive feedback is the most frequent type of feedback received by undergraduate students during thesis writing. While the combination of face-to-face and online supervision become the most frequent mode utilized by the thesis supervisors. Motivational feedback, questions, and suggestions have been acknowledged to be types of supervisory feedback promoting students’ engagement. Meanwhile, giving motivational, specific, tailored, personalized, and critical feedback, providing collaborative and structured supervision, and also creating an open environment are the most effective supervisors’ strategies to promote students’ engagement with supervisory feedback. Furthermore, this research reveals that all students involved in this study affectively, cognitively, and behaviorally engaged with supervisory feedback they received during the thesis writing process. Eventually, all of them can complete their thesis writing timely. However, this research is limited in participants and scope of research. Therefore, further research with more participants and a larger context is suggested.
It is suggested that supervisors be trained particularly on providing motivational, specific, and personalized feedback that encourages student engagement. Further, the supervisors should also be trained on how to utilize collaborative approaches in thesis supervision like digital document revisions and open discussion to foster deeper engagement with supervisory feedback and promote timely thesis writing completion. Furthermore, developing a framework for effective thesis supervision feedback is highly recommended. This framework should encompass different feedback types (referential, directive, expressive), modes of delivery (collaborative, face-to-face, digital), and student engagement domains (affective, cognitive, and behavioral).