Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk e-learning berbasis Edmodo dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD. Produk e-learning yang dikembangkan meliputi : RPP, LKPD, tes keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan DDD-E dan diujicobakan kepada 34 orang siswa Kelas V-A SDN Lowokwaru 2 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Desain uji coba yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh melalui metode validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Keterampilan berpikir kritis siswa dianalisis dengan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, produk e-learning yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan persentase sebesar 92%; kedua, kegiatan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik dengan nilai rata-rata 86.75%; ketiga, keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dengan kategori tinggi dengan nilai n-gain sebesar 0.82; dan keempat, respon siswa yang diberikan terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan berkategori sangat baik dengan persentase 87%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, penelitian ini menyimpulkan bahwa e-learning berbasis edmodo dalam pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa.
The purpose of this research is to develop the e-learning based on Edmodo in problem based learning model to enhance the student’s elementary school critical thinking skill. The learning instruments developed are : lesson plan, student worksheet, test of student’s critical thinking skill. This research use DDDE development model and tested in 34 students of class V-A SDN Lowokwaru 2 Malang Academic Year 2018/2019. Tryout design using one group pretest-posttest design. The research data gotten through validation method, observation, test, and questionnaire. The research result was analyzed descriptively quantitative. The student’s critical thinking skill was analyzed with n-gain. The research indicate are : first, the learning instruments developed categorized as very valid with score 92%; second, the learning activity was very well done with average score is 86.75% ; third, the student’s critical thinking skill run into enhancement in high categorized with gain score 0.82; and fourth,the student’s responded about the learning that is already implemented categorized very good with score 87%. Based on analysis results and discussion, it can be conclude that the e-learning based on edmodo in problem based learning model to be used to enhance the student’s elementary school critical thinking skills.