Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menyongsong abad 21. Sistem pendidikan harus mempersiapkan peserta didik untuk pekerjaan-pekerjaan pada level tinggi yang membutuhkan kreativitas, sehingga dibutuhkan pembelajaran yang menghasilkan keterampilan berpikir kreatif. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Model MOGE merupakan model yang dikembangkan untuk melatihkan keterampila berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu model yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Pengembangan model mengacu pada desain model pegembangan Wademan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa model dan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian. Uji implementasi model dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kemlagi, SMP “Ronas”, dan MTs “Ronas dengan one group pretest-postest design. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) model Moge termasuk dalam kriteria valid secara isi dan konstruk, 2) perangkat pembelajaran termasuk dalam kriteria valid, 3) model Moge termasuk dalam kriteria praktis ditinjau dari keterlaksanaan model, aktivitas siswa, dan kendala-kendala dalam implementasi model, 4) model Moge termasuk dalam kriteria efektif yang ditinjau dari peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa, penguasaan konsep siswa, dan respon siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Moge yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampialn berpikir kreatif siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan menerapkan permainan dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dan meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Creative thinking skills is one of the skills that must be possessed by students in facing the 21st century. The education system must prepare students for jobs at high levels that require creativity, so learning is needed that results in creative thinking skills. For this we need a learning model that is able to train students' creative thinking skills. The MOGE model is a model developed to practice creative thinking skills. This study aims to develop a valid, practical and effective model for improving students' creative thinking skills. Model development refers to the design of the Wademan development model. This research produces products in the form of learning models and devices and research instruments. The model implementation test was conducted on students of class VIII of SMP 1 Kemlagi, SMP "Ronas", and MTs "Ronas with one group pretest-posttest design. Data collection using methods of validation, observation, tests, documentation, and questionnaires. The data analysis technique used is descriptive quantitative and qualitative. The results showed 1) the Moge model included in the content and construct valid criteria, 2) the learning tools included in the valid criteria, 3) the Moge model included in the practical criteria in terms of the implementation of the model, student activities, and constraints in implementing the model, 4 ) Moge's model is included in the effective criteria in terms of improving students' creative thinking skills, mastering student concepts, and student responses. Based on the results of the study it can be concluded that the Moge model developed is valid, practical, and effective to improve students' creative thinking skills. The implication of the results of this study is that the learning process by applying games can create a comfortable and pleasant atmosphere and enhance students' creative thinking skills.