Pembelajaran vokasional siswa tunagrahita ringan merupakn untuk memberikan bekal keterampilan yang praktis, terpakai, terkait dengan kebutuhan pasar kerja, peluang usaha dan potensi ekonomi atau industri yang ada dimasyarakat. Dilihat dari segi kemampuan siswa tunagrahita ringan maka peneliti menerapkan media pembelajaran Audio Visual Aids Media ini dapat diputar kapan saja dan dimana saja, selain itu dapat digunakan berulang-ulang sehingga siswa tunagrahita ringan dapat mengingat materi pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh media Audio Visual Aids dalam pembelajaran vokasional siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre eksperimen dengan desain the one shot case study dan uji yang digunakan adalah Wilcoxon Uji tanda satu sampel. Subjek pada penelitian ini adalah delapan siswa tunagrahita ringan tingkat SMA di SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tes perbuatan.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara media Audio Visual Aids dalam pembelajaran vokasional siswa tunagrahita ringan di SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo.
Kata Kunci : Tunagrahita Ringan, Media Audio Visual Aids (AVA), Vokasional
The learning vocational of mild mentally retardation students was to give practical and applied skill provision, dealt with the job fair needs, business opportunity, and economic or industry potentials existing in the society. Looking at the mild mentally retardation students skill side, the researcher applied Audio Visual Aids learning media. This media could be switched on anytime and anywhere, besides that it could be used repeatedly so that the mild mentally retardation students could memorize the learning material.
This research purpose was to prove the influence of Audio Visual Aids media in learning vocational to mild mentally retardation students. This research used quantitative approach of pre experiment kind with the one shot case study design and the test used was Wilcoxon match pair test of one sample. The subject in this research was eight mild mentally retardation students of Senior High School level in SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo. The technique of data collection used oral test and behavior test.
The result of this research indicated that there was influence of Audio Visual Aids media in learning vocational to mild mentally retardation students in SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo.
Keywords: Mild mentally retardation, Audio Visual Aids Media, Vocational