Model Guide Reading memiliki 5 langkah utama pembelajaran yaitu memprediksi isi bacaan berdasarkan judul, membaca teks bacaan dengan panduan membaca, menguji prediksi, menemukan kosa-kata baru dan menulis kembali teks bacaan berdasarkan kalimat sendiri. Penerapan model Guide Reading dapat melatih kemandirian siswa dan memahami isi bacaan sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan lebih cepat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimetal desaign yaitu one group pretest-posttest desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN Beringin 477 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan kuisioner. Teknik analisis data instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas, sedangkan teknik analisis data hasil penelitian menggunakan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Guide Reading efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V. dibuktikan dengan uji t-test dengan pemerolehan nilai thitung (5,37) dengan nilai signifikan 0,05. Dari hal tersebut dapat dikatakan thitung (5,37) > ttabel (2,060), maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya model Guide Reading efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman.
Kata Kunci: model Guide Reading, pembelajaran membaca pemahaman.
Guide Reading model provides five main learning steps which are predicting the reading content based on its title, reading the text using reading guides, testing the prediction, finding the new vocabularies, and rewriting the text using students’ own words. The application of Guide Reading model can make students more independent and make students understand the text they read.
The research design used in this research is pre-experimental, specifically using one group pretest-posttest design. In addition, students in V-A grade SDN 477 Surabaya are the source of data in this research. Furthermore, the data in this research are collected using observation, test, and questionnaires. The instrumen in this research is analyzed using validity and reliability test, in other hand the result of this research is analyzed using hypothesis test.
The result of this research shows that the use of Guide Reading model is effective in learning of reading comprehension for students in fifth grade. This is proved by the value of t-test which gains t-hitung (5,52) and significant value 0.05. In accordance with thitung (5,37) > ttabel (2,060), H0 is declined dan Ha is received, meaning that Guide Reading model is effective in the learning in reading comprehension
Keywords: Guide Reading model, learning in reading comprehension.