Usability Analysis of User Satisfaction and Loyalty of Siakadu UNESA Mobile Application
Penggunaan Siakad di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sangat diperlukan, salah satunya Siakadu UNESA mobile, dalam penggunaan aplikasi ini perlu diketahui pengaruh usability untuk mengetahui kepuasan dan loyalitas pengguna. Usability termasuk faktor yang sering digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu layanan/aplikasi. Usability mempengaruhi kepuasan pengguna saat menggunakan aplikasi dan kepuasan pengguna mempengaruhi loyalitas pengguna. penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh aspek usability Green dan Pearson terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna aplikasi Siakadu UNESA Mobile. Model yang digunakan didasarkan pada studi teoritis dan studi sebelumnya menggunakan usability Green dan Pearson terhadap kepuasan dan loyalitas. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara membuat dan menyebarkan kuesioner melalui google form. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan teori Structural Equation Modeling (SEM), jenis SEM yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM berbasis variance yaitu PLS-SEM dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel comtent, Customization dan Ease of use memberikan pengaruh terhadap kepuasan sedangkan Download delay tidak memberikan pengaruh terhadap kepuasan. Lalu kepuasan pengguna memberikan pengaruh terhadap loyalitas. Selain itu penelitian ini menghasilkan saran perbaikan dan peningkatan aplikasi yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas penggunanya.
The use of Siakad at Surabaya State University (UNESA) is very necessary, one of which is Siakadu UNESA mobile, in using this application it is necessary to know the influence of usability to determine user satisfaction and loyalty. Usability is a factor that is often used to measure the success of a service/application. Usability affects user satisfaction when using the application and user satisfaction affects user loyalty. This study aims to determine the effect of Green and Pearson's usability aspects on the satisfaction and loyalty of Siakadu UNESA Mobile application users. The model used is based on theoretical studies and previous studies using Green and Pearson usability on satisfaction and loyalty. Data collection in this study was carried out by creating and distributing questionnaires via the Google form. Statistical tests were carried out using Structural Equation Modeling (SEM) theory. The type of SEM used in this study was variance-based SEM, namely PLS-SEM using SmartPLS version 3. The results of this study indicated that the variable content, customization and ease of use had an influence on satisfaction while Download delay has no effect on satisfaction. Then user satisfaction has an influence on loyalty. In addition, this research produces suggestions for improvements and enhancements to the application which are expected to increase user satisfaction and loyalty.