Pertumbuhan usaha makanan dan minuman berkembang sangat pesat. Hal ini didasari oleh minat masyarakat meningkat terhadap industri kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas konsumen Waroeng Pondok Salak dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Waroeng Pondok Salak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur (analisis path). Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, experiential marketing memiliki berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan pelanggan mampu menjadi mediasi antara experiential marketing terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Waroeng Pondok Salak untuk meningkatkan penjualan.
Kata Kunci : experiential marketing, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen
Business of food and beverage showed highly growth. Based on society interest at culinary industries. The purpose of research is knowing influence experiential marketing on customer loyalty of Waroeng Pondok Salak with customer satisfaction as intervening variable.The research by quantitative research. The population is a customer of Waroeng Pondok Salak with 100 sample using purposive sampling method. Data collected by questionnaires via online.The analysis is a path analysis. The result of research showed experiential marketing have influence on customer satisfaction, customer satisfaction have influence on customer loyalty, experiential marketing have influence on customer loyalty and customer satisfaction can be a mediator between experiential marketing and customer loyalty. The research can be evaluation for Waroeng Pondok Salak to increase selling.
Keywords:Experiential marketing, customer loyalty, customer satisfaction